Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Memanaskan Mobil dengan Benar

Belum Banyak yang Tahu, Begini Cara Memanaskan Mobil dengan Benar

Belum Banyak Yang Tau, Begini Cara Memanaskan Mobil Dengan Benar --

RADARUTARA.ID- Masih banyak yang belum tahu cara memanaskan Mobil yang benar. Hal ini lantaran memanaskan Mobil bukan merupakan rutinitas biasa akan tetapi juga berguna untuk melindungi Komponen mesin dari keausan.

Oleh sebab itu harus dipahami bahwa memanaskan mesin mobil juga berbeda antara transmisi manual dam matik agar bisa menjaga kesehatan mesin.

Joko salah seorang pemilih showroom mobil di Kota Bengkulu menyampaikan, ketika memanaskan mobil manual sebaiknya memastikan tuas di posisi Netral, sementara transmisi matik tuas di P dan aktifkan rem tangan.

"Jadi kalo mobil manual harus di N, Hal ini sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rem  tangan tidak pakem atau tuas (transmisi) matik secara tidak sengaja didorong masuk ke D,” katanya.

BACA JUGA:Aturan Baru, Debt Colector Harus Ikuti Aturan Ini Jika Ingin Menagih ke Rumah Nasabah

Diungkapkannya pula, memanaskan mobil juga tidak membutuhkan waktu yang lama, sebab waktu ideal yang dibutuhkan hanya sekitar 3-5 menit saja.

"Jangan terlalu lama, waktu yang dibutuhkan hanya 3 -5 menit saja," ujarnya.

Selain itu, dikatannya pula, pada saat memanaskan mesin tidak perlu untuk di gas dan AC mobil juga tidak boleh dibiarkan hidup.

“Biarkan saja mesin menyala dengan kondisi AC mati, lampu mati, itu kondisi yang paling tepat karena mesin bekerja tanpa beban sehingga pencapaian suhu kerja terjadi dengan perlahan,” katanya.

Dia juga menjelaskan, tujuan dari memanaskan mesin ini untuk memastikan semua sistem mesin bekerja normal terlebih dulu, termasuk sistem pelumas yang ada.

"Harapannya, semua komponen pada mesin terlumasi dengan baik, baik mobil dipacu. Kalau sampai ada komponen yang masih kering karena oli telat sampai, tapi kendaraan sudah dipacu atau digas, maka keausan akan lebih mudah terjadi,” tutupnya*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: