3 Amalan yang Tidak Putus Pahalanya Meski Seseorang Telah Meninggal

3 Amalan yang Tidak Putus Pahalanya Meski Seseorang Telah Meninggal

3 Amalan yang Tidak Putus Pahalanya Meski Seseorang Telah Meninggal--

RADARUTARA.ID- Dalam agama Islam, ada beberapa amalan yang pahalanya terus mengalir meski seseorang tersebut telah meninggal dunia. Istilah dari amalan tersebut biasa disebut dengan amal jariyah.

Bentuknya bermacam sehingga kaum muslimin dapat mempersiapkannya semasa hidup sebagai tabungan di akhirat kelak. Apa saja amalan yang dimaksud?

Berikut ini Amalan Membuat Pahala Seseorang Tetap Mengalir Setelah Meninggal

1. Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah maknanya sedekah yang bermanfaat bagi khalayak umum. Itu sebabnya, pahala dari amalan ini tidak akan terputus meski orang yang bersedekah telah wafat.

Selama sedekah jariyah terus dimanfaatkan oleh seseorang yang menerimanya, maka pahala untuk si pemberi akan terus mengalir. Contoh dari sedekah jariyah ini seperti membangun tempat ibadah masjid ataupun mushola, mewakafkan tanah, dan lainnya.

BACA JUGA:Cara Mengamalkan Surat Al Waqiah Agar Rezeki Mengalir Deras

2. Ilmu yang Bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat merupakan amalan yang tidak terputus walaupun seseorang telah tiada. Ilmu itu akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain serta membawa kebaikan hingga kemaslahatan.

Contoh dari ilmu yang bermanfaat yakni saat seorang penulis membuat buku yang digunakan oleh banyak orang. Selama buku itu dibaca, digunakan, serta dimanfaatkan, maka penulis tersebut akan terus mendapat pahala.

3. Doa Anak yang Sholeh

Yang terakhir yaitu doa anak yang sholeh. Meski orang yang didoakan sudab meninggal dunia, doa dari anak yang sholeh takkan terputus pahalanya.

Anak sholeh dimaknai sebagai seorang anak yang berbakti, menuruti nasihat orang tua, berada di jalan Allah SWT dan senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.

BACA JUGA:20 Negara dengan Polusi Terparah di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: