Lebih Sehat dan Tetap Enak, Ini 5 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba

Lebih Sehat dan Tetap Enak, Ini 5 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba

Lebih Sehat dan Tetap Enak, Ini 5 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba--

RADARUTARA.ID - Konsumsi gula yang berlebihan sudah seperti gerbang pintu bagi banyak penyakit untuk hinggap di tubuh kamu. Salah satunya diabetes, penyakit yang sangat umum di zaman ini. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengurangi Konsumsi gula atau menggantinya dengan bahan yang lebih sehat.

Sebagai solusinya, ada beberapa pemanis alami pengganti gula yang bisa kamu coba. Berikut ini beberapa pemanis alami pengganti gula yang lebih sehat bagi tubuhmu:

1. Stevia

Stevia merupakan pemanis yang bersumber dari daun tanaman Stevia rebaudiana, yang tidak mempengaruhi kadar gula darah dan tidak mengandung kalori, sehingga cocok bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Stevia juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga baik bagi penderita hipertensi.

BACA JUGA:Cewek Merapat, Ini 5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Wajah Bengkak, Jadi Engga Pede

2. Xylitol

Xylitol merupakan pemanis alami yang bersumber dari buah-buahan atau sayuran. Hanya dengan 2,4 kalori per gram, xylitol memberukan rasa manis yang mirip dengan gula pasir tanpa membuat kerusakan gigi atau mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Tetapi, konsumsi xylitol secara berlebihan bisa menyebabkan kembung atau diare.

3. Madu

Madu kaya akan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, pengaturan gula darah, serta penurunan risiko kanker.

Tetapi, perlu diingat kalau madu masih mempunyai kalori yang cukup tinggi, yakni 21 kalori per sendok makan, sehingga mengkonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada peningkatan berat badan.

BACA JUGA:4 Tips Pilih Ikan Salai Asap yang Berkualitas Baik Saat Belanja di Pasar Tradisional Bengkulu

4. Kurma

Kurma terkenal dengan rasa manis alaminya dan kaya akan nutrisi mulai dari serat, vitamin B6, kalium, magnesium, dan mangan, hingga antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Walauoun tinggi kalori, yakni 23 kalori per buah, kurma tidak langsung meningkatkan kadar gula darah.

5. Lo han kuo (Monk Fruit)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: