Genangen Pucuk Bulie, Sayur Khas Suku Rejang di Bengkulu

Genangen Pucuk Bulie, Sayur Khas Suku Rejang di Bengkulu

Genangan Pucuk Bulie, Sayur Khas Suku Rejang di Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Mengunjungi suatu daerah rasanya belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Begitu juga ketika berwisata ke Provinsi Bengkulu, yang populer akan beraneka ragam kuliner khasnya. Salah satu makanan khas yang terkenal didaerah ini adalah ikan pais.

Ikan pais adalah pepes khas Bengkulu yang berbahan dasar dari ikan gebu atau ikan buli. Cara memasaknya serupa dengan pepes pada umumnya, tetapi bahan dan bumbu yang dipakai berbeda lantaran menghadirkan cita rasa khas Bengkulu.

Penasaran apa saja makanan khas Bengkulu? Berikut ini adalah salah kuliner Bengkulu yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Bengkulu, yaitu Genangan Pucuk Bulie.

BACA JUGA:Ketahui 9 Fakta Daun Kratom, Tanaman Herbal yang Dianggap Berbahaya

Genangen, istilah dalam bahasa Indonesia mungkin bisa disamakan dengan sayur bening yang diberi bumbu pedas (cabe) atau serupa dengan samba ujak . Tetapi untuk jenis Genangen macam sayuran yang digunakan bisa apa saja, biasanya yang kerap digunakan oleh masyarakat rejang adalah sayuran seperti kacang panjang, terong,ceriwis serta daun lumai.

Genangen pucuk bulie atau genangen daun lumai dimasak dengan menambahkan berbagai bumbu sederhana, seperti cabe, kemiri, tomat, serai, kunyit, dan untuk rencahnya biasanya menggunakan ikan salai.

Ada satu lagi masakan khas rejang yang memakai Daun Lumai sebagai bahan utamanya yakni bernama Upie, sayur ini mirip dengan genangen. Namun rasanya tidak pedas lantaran tidak diberi cabe,dan bumbunya juga lebih sedikit, yang terdiri dari jahe dan kemiri yang sudah di bakar kemudian ditambahkan dengan sedikit nasi.

Jika kamu penasaran seperti apa rasanya, kamu bisa mengunjungi Provinsi Bengkulu untuk mencicipinya secara langsung.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: