Begini Cara Simpan Ban Serap Agar Awet dan Tahan Lama

Begini Cara Simpan Ban Serap Agar Awet dan Tahan Lama

Begini Cara Simpan Ban Serap Agar Awet dan Tahan Lama--

RADARUTARA.ID- Salah satu komponen mobil yang sering kali luput dari perhatian para pengendara adalah ban Serap. padahal ban serep merupakan salah satu bagian penting dan harus selalu dipastikan untuk tetap optimal ketika akan dibutuhkan.

Menurut Galang, salah seorang Mekanik Mobil Di Kota Bengkulu, penyimpanan ban serep  sendiri merupakan hal yang sangat  penting untuk selalu diperhatikan, hal ini karena ban serep tetap awet dan siap pakai.

"Yang terpenting itu, jika Ban Serap tidak dipakai usahakan kondisinya harus tetap selalu kering dan terhindar dari cahaya matahari serta bahan-bahan kimia," ujarnya.

Dijelaskannya pula, Kelembaban dan paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan ban cepat rusak, sedangkan bahan kimia bisa merusak karet ban dan mengurangi daya tahannya.

"Tidak boleh diabaikan pula, Selain menjaga ban serep tetap kering dan terlindung dari sinar matahari, pengendara juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin," ungkapnya.

BACA JUGA:Berikut Manfaat dan Bahayanya Mengkonsumsi Daun Kratom bagi Kesehatan

Tidak hanya itu, Galang juga menyampaikan agar para pemilik kendaraan untuk selalu menjadi tekanan angin pada ban serep sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

"Meskipun ban tersebut tidak digunakan. Tekanan angin yang tidak tepat bisa menyebabkan ban tidak berfungsi dengan baik saat diperlukan," ujarnya.

Untuk tempatnya sendiri, tutur galang, Ban Serap wajib dipasang dengan tempat penyimpanan yang benar. Hal ini karena pemasangan ban yang tidak sesuai bisa menyebabkan ban rusak.

"Pemasangan yang tidak tepat bisa menyebabkan ban menjadi cacat atau bahkan rusak," jelasnya.

Dengan menjaga kondisi ban serep sesuai dengan anjuran tersebut, para pengendara dapat memastikan bahwa ban serep selalu dalam kondisi terbaik dan siap digunakan kapan saja diperlukan. 

"Keselamatan berkendara adalah yang utama, dan memiliki ban serep yang siap pakai adalah bagian dari upaya tersebut," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: