Yamaha Luncurkan NMAX Turbo 2024, Begini Cara Kerjanya

Yamaha Luncurkan NMAX Turbo 2024, Begini Cara Kerjanya

Yamaha Luncurkan NMAX Turbo 2024, Begini Cara Kerjanya--

RADARUTARA.ID- PT Yamaha Indonesia resmi meluncurkan NMAX turbo di tahun 2024 ini. Lantas, turbo seperti apa yang ada di skutik bongsor andalan Yamaha ini?

Dikatakan Asst General Manager Marketing dan Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, turbo pada NMAX bukanlah sistem induksi paksa yang dapat menambah tenaga mesin dari gas buang kendaraan.

Tetapi turbo yang dimaksud adalah peningkatan performa mesin melalui teknologi baru Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT) untuk mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm. 

Selain, itu performa mesin baru turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional atau tanpa roller. Artinya, fungsinya digantikan dengan komponen elektronik yang cara kerjanya fleksibel dan membantu akselerasi lebih instan.

"Si YECVT itu adalah kuncinya. Fungsi roller yang biasa ada pada CVT konvensional untuk menggerakan puli primer itu digantikan dengan motor penggerak sehingga proses perpindahannya bisa diatur," terang Anton Widiantoro, usai peluncuran, Rabu 12 Juni 2024 di kutip dari laman pemberitaan. 

"Kita bisa memaksa putarannya lebih cepat, kalau roller konvensional memanfaatkan gaya sentrifugal. Kemudian roller itu kan sifatnya bisa menyusut seiring pemakaian makanya ada periode penggantian. Adanya motor penggerak ini tidak dibutuhkan kembali roller tadi, prosesnya lebih cepat. Ini membantu akselerasi, makanya ada sensasi turbo," tambahnya.

BACA JUGA:Masih Sering Makan Mie Dicampur Nasi? Ingat Bahaya Ini

Dengan penggunaan teknologi ini, maka NMAX “TURBO” telah memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan 2 mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring). Dua mode tersebut dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri.

Selain adanya Riding Mode, ada juga fitur lain berupa Y-Shift yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Di mana, ada 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).

"Untuk mesin kita pakai Blue Core generasi terbaru, jadi benar-benar menggunakan 155 cc VVA. Lexi LX secara power dan torsi sama, basis mesinnya sama kemudian ditambahkan YECVT dan diatur oleh TCU (transmision control unit)," demikian Anton.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: