Jangan Anggap Sepele, Knalpot yang Mengeluarkan Asap Hitam Bisa Bahayakan Mesin

Jangan Anggap Sepele, Knalpot yang Mengeluarkan Asap Hitam Bisa Bahayakan Mesin

Jangan Anggap Sepele, Knalpot yang Mengeluarkan Asap Hitam Bisa Bahayakan Mesin--

RADARUTARA.ID- Pemilik Kendaraan bermotor pasti pernah mengalami keadaan knalpot yang mengeluarkan asap Hitam. Hal tersebut rupanya jangan dianggap sepele lantaran bisa jadi ada kendala yang serius pada bagian Kendaraan motor dan bakal berdampak pada mesin motor.

Kejadian ini seringkali mengindikasi bahwa mesin mengalami pembakaran yang tidak sempurna di mana bahan bakar tidak terbakar dengan efisien.

Bahkan, hal ini juga bisa membuat konsumsi bahan bakar meningkat dan emisi polutan berbahaya yang berdampak negatif pada lingkungan.

Joni, mekanik motor di Bengkulu menyampaikan, penyebab asap hitam ini karena ada proses yang tidak ideal, dijelaskannya pula hal utama yang biasa menjadi penyebabnya adalah campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar tidak ideal atau boros bahan bakar.

"Sisa pembakaran di ruang bakar yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan hal ini terjadi, endapan Sisa pembakaran pada ruang bakar terlalu banyak karena efek boros bahan bakar atau campuran bahan bakar dan udara tidak ideal,” katanya.

BACA JUGA:Perhatikan Hal Ini Agar Ban Mobil Tidak Meledak Ketika Dikendarai

Diungkapkannya pula oleh Joni, asap hitam yang keluar dari knalpot bisa menjadi indikasi masalah.

"Asap hitam terkait masalah sistem pembakaran yang tidak sempurna, busa juga dari bahan bakar dan udara yang tidak ideal,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan pula oleh Joni, asap hitam yang keluar pada knalpot motor biasanya juga disebabkan oleh kotornya ruang bakar karena adanya pengendapan kerak.

"Cara mengatasi asap hitam, pemiliknya disarankan untuk melakukan perawatan rutin atau berkala, dan setting ulang agar pembakaran kembali sempurna," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: