Top 3 Jalan Tol Terpendek di Indonesia, Bengkulu Urutan Berapa?

Top 3 Jalan Tol Terpendek di Indonesia, Bengkulu Urutan Berapa?

Top 3 Jalan Tol Terpendek di Indonesia, Bengkulu Urutan Berapa?--

RADARUTARA.ID - Selama ini, mungkin beberapa orang cuma memberi perhatian kepada tol terpanjang di Indonesia yang bisa mencapai ratusan kilometer saja. Padahal, ada juga ruas tol terpendek di Indonesia yang cumq mempunyai panjang beberapa kilometer saja.

Berikut ini beberapa ruas tol terpendek di Indonesia yang dipilih menjadi top 3:

1. Tol Cijago

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, tol Cinere-Jagorawi atau Cijago cuma mempunyai panjang 3,5 km. Menurut data tersebut, tol Cijago menjadi ruas tol terpendek di Indonesia. Jalan Tol ini diresmikan pada 27 Januari 2012 lalu.

Jalan tol ini adalah bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Saat September 2019, Tol Cijago Seksi II yang menghubungkan antara Raya Bogor-Kukusan beroperasi. Seksi II dari tol ini juga tidak terlalu panjang yakni cuma sekitar 5,5 km.

Pada awal pengoperasiannya, tol Cijago Seksi II ini tidak dipungut biaya. Pembukaan seksi II tersebut diharapkan bisa semakin mengurai kemacetan di Jl. Margonda dan Jl. Juanda.

BACA JUGA:Lima JCH dari Makassar Wafat, Provinsi Bengkulu Nihil

2. Tol Depok-Antasari I

Tol Depok-Antasari (Desari) adalah tol penghubung Jakarta dengan Depok. Sekarang ini baru ruas tol Depok-Antasari Seksi 1 yang beroperasi yakni sepanjang 5,8 km.

Tol ini diresmikan pada 27 September 2018 lalu dan dikelola PT Citra Waspphutowa. Sesudah dioperasikan penuh, tol ini diprediksi mampu mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jagorawi. Pada tahun 2021, tol ini akan diteruskan hingga menuju Bogor, tepatnya di Jalan Tol Lingkar Luar Bogor dan Jalan Tol Dramaga-Bocimi.

3. Jalan Tol Bengkulu.

Jalan Tol Bengkulu merupakan salah satu jalan tol terpendek di Indonesia dengan panjang berkisar 17,6 kilometer. 

Menghubungkan antara Kota Bengkulu dengan Kabupaten BengkuluTengah, jalan tol ini memiliki peran penting dalam mempercepat waktu tempuh dan mengurangi biaya logistik dalam wilayah ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: