Xiaomi vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul?

Xiaomi vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul?

Xiaomi vs Samsung, Mana yang Lebih Unggul?--

RADARUTARA.ID- Banyak produsen handphone (HP) Android yang mengeluarkan ponsel kelas menengah dengan harga yang beragam, termasuk Xiaomi dan Samsung. Oleh karena, itu banyak pengguna yang melakukan perbandingan antara kedua produsen HP tersebut dan membandingkannya, mana yang lebih unggul?

1. Perangkat lunak dan privasi

Samsung One UI. Seperti namanya, One UI Samsung digunakan di semua perangkat Android dari pabrikan tersebut. Tampilan Android yang dioptimalkan Samsung dianggap sebagai sesuatu yang menakjubkan dan menawarkan banyak fitur tambahan seperti fitur multitasking yang diperluas, dukungan untuk stylus S Pen Samsung dan dukungan asli untuk layanan Samsung seperti Samsung S Cloud.

Selain layanan Samsung sendiri, hanya ada sedikit bloatware yang sudah diinstal sebelumnya dan terkadang pengguna mendapatkan pembaruan yang sangat lama. Pembaruan selama tujuh tahun hanya diperuntukkan smartphone flagship. 

Sementara sistem operasi MIUI muncul dari custom ROM sebelumnya untuk ponsel Android yang di-root. Xiaomi mengadopsi sistem operasi ini dan telah mengembangkannya secara signifikan sejak saat itu. Saat, ini Xiaomi beralih dari MIUI dan ponsel andalan pertamanya sudah dilengkapi dengan HyperOS baru. 

Bagi banyak orang, sistem operasi Xiaomi juga dipertanyakan karena tidak sepenuhnya transparan dalam menangani data yang dikumpulkan. Sebagai perusahaan China, Xiaomi harus benar-benar mematuhi peraturan perlindungan data negara tersebut.

BACA JUGA:Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi Bunga Telang yang Baik dan Benar

2. Stabilitas dan keberlanjutan harga 

Xiaomi adalah contoh utama pabrikan yang memproduksi "ponsel cepat". Dengan kata lain, harga smartphone tidak mahal dan akan mencapai akhir masa pakainya setelah sekitar dua tahun. 

Berbeda dengan Xiaomi, sekarang banyak ponsel Samsung yang akan menerima pembaruan dukungan jangka panjang. Perangkat baru dari seri S24, dapat digunakan dengan aman hingga tahun 2031 seperti ponsel Pixel terbaru. 

Pengerjaan pada ponsel ini cukup baik sehingga perangkat tersebut dapat bertahan hingga saat itu. Namun, Samsung pun tidak kebal terhadap budaya "ponsel cepat" dengan smartphone entry-levelnya.

BACA JUGA:Ikut Bangga, Ini 5 Negara yang Pelajari Budaya dan Bahasa Indonesia

Kesimpulan 

Baik Xiaomi dan Samsung sama-sama menawarkan model untuk pemula hingga pasar kelas atas atau pasar khusus seperti perangkat lipat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: