Tak Perlu Obat, Begini Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid

Tak Perlu Obat, Begini Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid

Tak Perlu Obat, Begini Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid--

RADARUTARA.ID - Nyeri haid disebabkan oleh berbagai hal, seperti kontraksi otot pada rahim sampai meningkatnya zat prostaglandin di dalam tubuh. Untuk wanita yang menderita penyakit tertentu, seperti radang panggul, endometriosis, dan fibroid, nyeri yang dirasakan umumnya akan lebih berat.

Jika merasa terganggu dengan nyeri haid, kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk meredakannya:

1. Berikan kompres hangat pad aperut

Cara mengurangi nyeri haid yang pertama yaitu dengan menempelkan kompres hangat ke area perut dan punggung bagian bawah sekitar 15–20 menit, sebanyak 3 kali dalam sehari.

BACA JUGA:Napal Jungur, Wisata Eksotis dengan Pesona Alam yang Indah di Bengkulu

2. Lakukan pijatan lembut

Lakukanlah pijatan dengan gerakan melingkar di perut yang terasa nyeri sekitar 5 menit. Cara ini dapat ditambahkan dengan pemberian kompres hangat. Untuk minyaknya, kamu bisa memakai campuran minyak kelapa atau minyak jojoba dengan minyak esensial, seperti lavender, cengkeh, hingga kayu manis.

Campuran minyak tersebut mempunyai sifat antiradang dan antinyeri alami yang baik dalam meredakan nyeri haid.

3. Berendam di air hangat

Berendam di air hangat merupakan salah satu cara untuk membuat otot-ototmu lebih rileks, sehibgga nyeri haid akan berkurang. Bahkan, berendam di air hangat juga dapat memperbaiki suasana hati akibat mood swing yang mungkin muncul saat haid, mengatasi stres, dan membuat tidurmu jadi lebih nyenyak.

BACA JUGA:Wow, Ini 5 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Ada yang Nyaris Sampai 1 Kilometer

4. Lakukan teknik relaksasi

Melakukan teknik relaksasi, contohnya seperti meditasi, pilates, dan yoga, dapat membantu mengalihkan perhatianmu dari rasa nyeri dan ketidaknyamanan akibat haid. Bahkan, beberapa pose yoga juga dapat meredakan nyeri punggung ketika menstruasi.

5. Rutin olahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: