Ajarkan Pada Anak, Ini Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Ajarkan Pada Anak, Ini Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Ajarkan Pada Anak, Ini Doa Sebelum dan Sesudah Makan--

RADARUTARA.ID- Doa sebelum makan harus kamu ajarkan kepada anak setiap ingin makan. Nabi Muhammad SAW mengakarkan kepada umat Islam untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum makan dan juga sesudah makan.

Hal ini karena melalui berdoa, Allah SWT akan memberikan keberkahan atas apa yang kamu makan. Bahkan, doa sebelum makan juga bertujuan untuk mencegah setan ikut turut dan menyantap makanan. Rasulullah SAW pun bersabda: 

"Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan" (HR. Muslim dan Ahmad).

BACA JUGA:7 Jenis Susu Sapi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Doa sebelum makan sebagai bentuk permohonan keberkahan dari apa yang dimakan serya mensyukuri nikmat yang sudah diberikan Allah SWT. Dalam agama Islam, kamu diajarkan untuk senantiasa membaca doa sebelum makan dan sudahnya.

Doa sebelum makan harus kamu lafalkan setiap ingin mengonsumsi suatu makanan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, doa sebelum makan ini bertujuan untuk meminta keberkahan dari apa yang dimakan serta mensyukuri nikmat yang sudah diberikan Allah SWT.

BACA JUGA:Bacaan Doa Memohon Ampunan karena Mengulangi Kesalahan yang Sama

Doa sebelum makan ini juga sesuai dengan ajaran dari Rasulullah SAW, yang mana ketika makanan diedekatkan, beliau membaca doa sebelum makan sebagai berikut:

"Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar"

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka.” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Bukan hanya doa sebelum makan, kamu tentunya juga harus mengajari kepada anak yaitu doa sesudah makan. Rasulullah SAW juga membaca doa sesudah makan sebagai berikut:

"Alhamdulillaahilladzii ath‘amanaa wa saqaanaa wa ja‘alanaa minal muslimiin"

Artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: