Terbukti Efektif, Ini 4 Daun Penurun Panas pada Anak

Terbukti Efektif, Ini 4 Daun Penurun Panas pada Anak

Terbukti Efektif, Ini 4 Daun Penurun Panas pada Anak--

RADARUTARA.ID- Daun penurun panas pada bayi ternyata cukup beraneka ragam. Tak perlu repot menggunakan obat kimiawi. Cukup pakai saja tanaman herbal untuk menurunkan demam si kecil.

Sebelum mengulas daun apa saja yang dapat menurunkan panas pada anak, diketahui terlebih dahulu berapa temperatur tubuh normal untuk mereka. Suhu normal tubuh bayi umumnya sekitar 37 derajat celsius.

Bayi bisa dikatakan mengalami demam kalau suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celsius/lebih ketima diukur memakai termometer rektal yang dimasukkan ke anus, atau 37,4 derajat celsius/lebih jika diukur pada area lain seperti pada telinga ataupun dahi.

BACA JUGA:Tarif Listrik 3.500 VA Bakal Naik, Ini Kata Bos PLN

Lantas daun apa saja yang nisa menurunkan panas pada anak? Ini dia jawabannya:

1. Daun Sirih 

Cara penggunaannya, ambil beberapa lembar daun sirih segar lalu cuci bersih. Kemudian, rebus daun sirih dalam air secukupnya sampai air berwarna hijau kecokelatan. Dinginkan air rebusan tersebut terlebih dulu sebelum dipakai untuk mengompres kening, dahi, dan leher bayi. 

2. Daun Jeruk Purut 

Dalam Daun jeruk purut mengandung senyawa flavonoid dan limonene yang bisa membantu menurunkan demam pada anak. Langkag penggunaannya sama saja dengan daun sirih.

Cukup ambil beberapa lembar daun jeruk purut yang masih segar, kemudian cuci bersih. Kemudian rebus daun jeruk purut dalam air secukupnya sampai air berwarna hijau kecokelatan. Dinginkan air rebusan tersebut sebelum digunakan untuk mengompres kening, dahi, serta leher bayi.

BACA JUGA:5 Negara Ini Memiliki Angka Pengangguran Paling Tinggi di Dunia

3. Daun Jarak

Cara menggunakannya, siapkan 2-3 helai daun jarak yang telah dicuci bersih, lalu oleskan dengan minyak kayu putih.

Letakkan daun jarak di bagian perut dan punggung bayi yang sudah dipanaskan terlebih dulu selama 2 menit atau sampai panasnya merata di seluruh permukaan daun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: