Dandim Bengkulu Utara Ajak Masyarakat Membumikan Nilai-nilai Pancasila

Dandim Bengkulu Utara Ajak Masyarakat Membumikan Nilai-nilai Pancasila

Peringatan upacara Hari Lahir Pancasila di Makodim 0423 Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Dandim 0423/ Bengkulu Utara (BU) Letkol. Kav Aidil Hajri, M.Han menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang di gelar pada Sabtu 1 Juni 2024, bertempat di lapangan Makodim 0423/BU, Kota Arga Makmur.

Terlihat hadir dalam kegiatan itu, Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian bersama jajaran OPD, Kapolres AKBP Lambe AKBP Lambe Patabang Binara, Kepala Rupbasan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Arga Makmur, Kajari Arga Makmur yang diwakili Kasubag Perencanaan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Pengadilan Agama, Ketua KPU dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Dandim 0423 Bengkulu Utara Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 ini mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

"Ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat," ujarnya.


Dandim 0423/Bengkulu Utara, Letkol Kav Aidil Hajri,M.Han bertindak sebagai Inspektur Upacara Harlah Pancasila--

Lebih lanjut kata Dandim, sebagai warga negara Indonesia patut kita syukuri karena bangsa kita merupakan bangsa yang majemuk, dan nilai-nilai dalam pancasila telah mampu menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

"Pancasila menjadi anugerah dari tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia. Didalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong," jelasnya.

Didalam momentum yang sangat bersejarah ini, Dandim juga mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani, karena memang terbukti mampu menjadi penuntun dan mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar," tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: