Jangan Kaget! Kalian Tidak Akan Menemukan Indomaret dan Alfamart di Daerah Ini

Jangan Kaget! Kalian Tidak Akan Menemukan Indomaret dan Alfamart di Daerah Ini

Jangan Kaget! Kalian Tidak Akan Menemukan Indomaret dan Alfamart di Daerah Ini--

RADARUTARA.ID- Jaringan bisnis warala Indomaret dan Alfamart telah tersebar di seluruh Indonesia. Kedua mini market, itu memiliki lebih dari 20 ribu gerai dan sangat mudah dijumpai di seluruh daerah di Indonesia. 

Namun ditengah menjamurnya gerai minimarket itu ternyata ada daerah di Indonesia yang tidak ada Indomaret dan Alfamart sama sekali loh. Dimana saja?

Daerah yang tidak ada Indomaret dan Alfamart sama sekali, itu adalah Padang Sumatera Barat. Di Padang Anda, tidak bisa menemukan Indomaret dan Alfamart. Meskipun, Padang merupakan kota besar yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Apa alasannya?

BACA JUGA:Satgas TMMD Motori Aksi Bersih-bersih Lingkungan di Desa Bukit Tinggi

Dilansir dari detikcom, ada beberapa alasan yang menyebabkan di Padang sama sekali tidak ada Indomaret dan Alfamart. Ini dia penjelasannya:

1. Tidak Dapat Izin Pemda

Alasan yang pertama adalah karena pemerintah daerah (Pemda) Sumatera Barat tidak mengizinkan Indomaret dan Alfamart untuk buka di wilayah tersebut. Menurut Pemda Sumatera Barat, dikhawatirkan adanya kedua gerai minimarket itu akan mematikan bisnis kecil dan pedagang tradisional di daerah Padang.

2. Khawatir Bisa Merusak Ekonomi daerah

Kehadiran gerai Indomaret dan Alfamart dipercaya bisa merusak ekonomi daerah Padang dalam jangka panjang. Hal itu karena pemerintah daerah khawatir masyarakat akan lebih tertarik untuk mengunjungi toko modern dengan barang-barang lengkap dan harga jual yang pasti.

Bisnis ritel Indomaret dan Alfamart telah tersebar di seluruh Indonesia dengan harga yang bersaing. Jika hal tersebut terjadi, keberadaan minimarket modern akan menjadi alasan masyarakat tak mau lagi untuk mengunjungi warung atau toko kelontong.

BACA JUGA:Awas Salah Pilih, Ternyata 5 Jenis Minyak Goreng Ini Tidak Baik untuk Kesehatan

3. Mengedepankan Usaha Masyarakat Lokal

Pemerintah daerah melarang keberadaan Indomaret dan Alfamart dengan alasan untuk melindungi warung dan minimarket lokal dengan mendorong kemajuan perekonomian di bidang UMKM. Kebijakan ini nyatanya mendapatkan respons positif dari berbagai kalangan di luar Sumatera Barat.

Pemerintah daerah dan masyarakat Sumatera Barat meyakini bahwa warga lokal juga mampu membuat bisnis modern retail outlet (MRO), semacam toserba yang dimiliki oleh perorangan tanpa harus ada kehadiran kedua raksasa minimarket tersebut. Apalagi, orang Minang dikenal sebagai pelaku bisnis yang memiliki kebiasaan berdagang sejak dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: