Adab Berpakaian dalam Islam agar Terhindar dari Tatapan Jin dan Setan

Adab Berpakaian dalam Islam agar Terhindar dari Tatapan Jin dan Setan

Adab Berpakaian dalam Islam agar Terhindar dari Tatapan Jin dan Setan--

RADARUTARA.ID- Setiap umat Muslim sudah sepatutnya mengetahui bahkan menghafal doa berpakaian. Doa memakai pakaian ini adalah bacaan yang dianjurkan langsung oleh Rasulullah SAW.

Bahkan, pakaian juga merupakan simbol keserasian dan keindahan bagi manusia sehingga sudah sepatutnya, hal-hal indah dalam diri manusia diucapkan sebagai rada syukur kepada Allah SWT seperti yang dijelaskan dalam Q.S. Al-A'raf ayat 31.

Bukan hanya membaca doa berpakaian, umat Muslim juga wajib mengetahui adab berpakaian dalam Islam. Berikut adab berpakaian dalam Islam.

BACA JUGA:Hanya Beberapa Detik, Begini Cara Membeli Token Listrik Lewat Aplikasi DANA

1. Membaca doa berpakaian

Selalu membaca doa setiap kali ingin mengenakan pakaian, sebagaimana perintah itu kerap diterapkan oleh Rasulullah SAW.

2. Memakai pakaian halal

Pakaian halal ini maksudnya merujuk pada cara memperolehnya, yakni dibeli dengan uang halal dari hasil kerja yang halal pula alias jujur dan bukan hasil dari mencuri, merebut atau hal negatif lainnya.

3. Memakai pakaian dari sebelah kanan

Sesuai dengan adab baik yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, beliau kerap memulai segala sesuatu dari sebelah kanan terutama dalam hal memakai pakaian.

"Nabi SAW membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandar, menyisir, dan bersuci dalam setiap urusannya," (HR Bukhari).

BACA JUGA:Takut Biaya Kuliah Mahal? Tenang, 7 PTN Ini Tidak Menaikkan UKT, Diantaranya Ada UNPAD dan Unair

4. Tidak memakai pakaian yang menimbulkan fitnah

Pakaian yang sempit, tipis, tidak panjang sehingga tidak menutup aurat, terutama pakaian yang tidak memenuhi syariat Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: