Terkenal Boros! Ini Tips Agar Motor Matic Lebih Irit BBM

Terkenal Boros! Ini Tips Agar Motor Matic Lebih Irit BBM

Terkenal Boros! Ini Tips Agar Motor Matic Lebih Irit BBM--

RADARUTARA.ID- Bisa dipastikan disetiap pabrikan motor pasti akan memerhatikan konsumsi BBM pada produk yang disodorkan ke pasar. Namun, disisi lain para pengguna juga selalu melakukan penyeimbangan lagi, agar performa motor baik. Salah satunya soal konsumsi BBM.

Nah bicara soal konsumsi BBM? bagi anda pengguna motor matic, ada bisa membuat motor matic anda lebih irit dengan modifikasi atau perubahan yang cukup ringan. Apa saja perubahan yang harus dilakukan, berikut ini selengkapnya.

1. Gunakan Ban Yang Lebih Ramping

Jika Anda ingin menekan konsumsi BBM motor Matic, maka gunakanlah ban yang lebih ramping atau kecil. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mengganti ban standar dengan ban yang lebih ramping.

Dengan penggunaan ban yang lebih ramping maka konsumsi BBM nya lebih irit. Sebab, ban  ramping memiliki rolling resistance atau hambatan gulir yang lebih rendah. Hal ini diharapkan membuat kerja mesin jadi lebih ringan dalam membuat motor melaju.

BACA JUGA:Dalam 5 Hari Terakhir, 30.580 Jemaah Haji Telah Tiba di Madinah

2. Ganti Roller yang Lebih Ringan

Roller merupakan salah satu komponen pada motor matic yang wajib diganti secara rutin sekitar 25.000 km sekali.

Komponen ini dapat dikatakan sebagai bagian dari transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang digunakan pada motor-motor semacam ini.

Roller memiliki kontribusi terhadap konsumsi BBM motor matic. Penggunaan roller yang lebih ringan dapat membuat motor matic lebih irit bensin.

Berapa ukuran roller yang harus digunakan? Untuk penggunaan sehari-hari maka cukup menurunkan 1—2 gram dari ukuran roller bawaan pabrikan.

Penggunaan roller yang lebih ringan akan turut meringankan kerja mesin pada putaran-putaran bawah. Pengendara tak perlu membuka gas terlalu lebar untuk membuat motornya melaju.

BACA JUGA:Puluhan Tahun Tak Diperbaiki, Jalan Desa Talang Tua-Arga Mulya Kian Memprihatinkan

3. Pasang Tachometer Sebagai Panduan Eco Riding

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: