Buah-buahan dan Ternak Jadi Konsen Program Ketahanan Pangan Pemdes Air Pandan TA 2024

Buah-buahan dan Ternak Jadi Konsen Program Ketahanan Pangan Pemdes Air Pandan TA 2024

Pembagian bibit buah-buahan oleh Pemdes Air Pandan ke masyarakat--

RADARUTARA.ID- Sejumlah program strategis dalam rangka mendukung dan menjamin ketersediaan pangan masyarakat tengah dioptimalkan oleh Pemdes Air Pandan, Kecamatan Putri Hijau melalui alokasi dana desa (DD) TA 2024. Di TA 2024, ini dukungan terhadap program ketahanan pangan di fokuskan oleh Pemdes Air Pandan kepada sektor nabati dan hewani.

Dimana khusus sektor nabati, ada 210 batang bibit buah mangga dan buah nangka 210 batang serta bibit sayur mayur yang masing-masing dibagikan kepada seluruh kepala keluarga (KK). Sedangkan untuk disektor hewani, di tahun ini turut dibagikan bibit ternak berupa bebek berjumlah 1.260 ekor yang akan dibagikan kepada 210 KK.

"Jadi, dari sektor nabatinya di tahun ini kita berikan setiap KK berupa bibit buah-buahan seperti mangga dan nangka serta bibit sayuran. Dan di sektor hewani, masyarakat kita berikan bibit ternak berupa bebek yang sasarannya juga mencakup jumlah KK di desa," ujar Kades Air Pandan, Sugio, pada Selasa (14/5).

BACA JUGA:Hari Ini ! Raflesia Mekar Sempurna di Palak Siring Kemumu

Ditargetkan Sugio, dua sektor program ketahanan pangan yang di danai lewat DD TA 2024 ini dapat memberi nilai tambah untuk ketersediaan pangan masyarakat dalam jangka panjang dan berkesinambungan. Sugio, optimis, apa bila program ini disambut dengan baik oleh masyarakat, maka kedepan kebutuhan pangan masyarakat akan tercukupi.

"Insya Allah jika program ini disambut baik oleh masyarakat, tidak hanya kebutuhan pangan saja yang terjamin. Tapi dari sisi ekonomi, masyarakat juga akan mendapat nilai tambah," ungkapnya.

Di satu sisi, selain memberikan bantuan berupa bibit, lanjut Kades, penguatan di sektor sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung suksesnya dua sektor program ketahanan pangan ini juga di usahakan oleh Pemdes. Penguatan SDM yang dimaksud diantaranya dengan mengandeng tenaga ahli penyuluh pertanian dan peternakan.

"Masyarakat juga kita dampingi lewat peran tenaga penyuluh pertanian dan peternakan. Dua tenaga penyuluh, ini kita minta mendampingi masyarakat selama proses pengembangan dua sektor program ketahanan yang kita laksanakan. Baik itu berupa penyuluhan dan kunjungan secara rutin. Semoga upaya-upaya yang telah kita lakukan saat, ini mampu memberikan hasil yang baik," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: