10 Amalan dan Adab agar Doa Cepat Dikabulkan, Awali dengan Sholawat

10 Amalan dan Adab agar Doa Cepat Dikabulkan, Awali dengan Sholawat

10 Amalan dan Adab agar Doa Cepat Dikabulkan, Awali dengan Sholawat--

RADARUTARA.ID- Doa merupakan bentuk harapan seorang hamba terhadap sesuatu yang diminta kepada Allah SWT, dalam Islam setiap muslim dianjurkan untuk selalu meminta dan memohon hanya kepada Allah SWT saja.

Kayak gitu doa juga merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Tuhannya, maka dari itu doa merupakan bentuk amalan yang baik untuk dilakukan kepada Allah SWT. 

Dalam Alquran surah al-mu'min ayat ke 69 berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Doa bukan hanya sekedar permintaan dan permohonan saja namun diperlukan usaha untuk mendapatkannya, oleh karena itu berdoa juga harus dibarengi dengan usaha serta memperbanyak amalan. Untuk doa yang cepat dikabulkan tentunya adakah cara dan amalannya tersendiri berikut ini dalam artikel ini akan kami mengupas sejumlah amalan dan cara agar doa cepat dikabulkan. 

Dijelaskan di dalam sebuah buku agar keinginan cepat terkabul yang ditulis oleh Imam Al Ghazali,  Jangan Pernah Bosan Berdoa oleh Risyad Bay, dan The Way of Love: 4 oleh Dimitri Mahayana, berikut amalan dan tata cara yang tepat dalam berdoa.

1. Menunaikan Sholat Dhuha

Amalan salat Dhuha memanglah menyimpan segudang manfaat dan Fadilah yang luar biasa pagi hamba yang mengamalkannya, sebab Allah SWT akan menjamin kebutuhannya seperti dalam hadis berikut: 

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِى أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah berfirman: "Wahai anak Adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi dirimu dengan shalat itu di akhir harimu." (HR Ahmad).

2. Memperbanyak Dzikir

Dzikir merupakan bentuk amalan yang dicintai oleh Allah SWT, selain itu dzikir juga merupakan bentuk dan cara kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karenanya dianjurkan bagi kita untuk senantiasa mengucapkan kalimat dzikir sebelum memanjatkan doa, seperti yang dijelaskan di dalam sebuah hadis yang menjelaskan bahwasanya dzikir merupakan sebaik-baiknya amalan untuk memperoleh cinta dan rahmatnya.

وَعَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ - رَضِيَ اللهُ عَنْهُ - ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - : (( أَلاَ أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمالِكُمْ ، وَأَزْكَاهَا عِنْدَ مَلِيكِكُمْ ، وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ ، وَخَيرٍ لَكُمْ مِنْ إنْفَاقِ الذَّهَبِ والفِضَّةِ ، وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ أَنْ تَلْقَوا عَدُوَّكُمْ فَتَضْرِبُوا أعْنَاقَهُمْ وَيَضْرِبُوا أعْنَاقَكُمْ ؟ )) قَالَوا : بَلَى ، قَالَ : (( ذِكْرُ الله تَعَالَى ))

Artinya: Abu Darda' RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Mauhkah kuberitahukan kepada kalian amal yang paling baik dan paling suci menurut Rabb kalian, dan yang paling tinggi derajatnya untuk kalian, juga lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kalian lalu kalian menebas batang leher mereka dan mereka membalasnya?" Para sahabat berkata, "Tentu mau." Beliau menjawab, "Dzikir mengingat Allah." (HR Tirmidzi).

3. Melaksanakan Sholat Tahajud

Solat tahajud atau disebut juga solat sunah muakad merupakan ibadah solat sunah yang sangat dianjurkan karena mengandung segudang keistimewaan. Dengan mengupayakan solat Tahajud, seorang muslim akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT dan Ketika sampai di derajat taqarrul (kedekatan diri kepada Allah) dan wushul (sambung denganNya), maka permohonan akan semakin mudah dikabulkan. Anjuran solat Tahajud tertuang dalam surat Al-Isra Ayat 79:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: