4 Amalan Pengangkat Derajat Manusia di Hadapan Allah SWT, Baik Dilakukan Setiap Hari

4 Amalan Pengangkat Derajat Manusia di Hadapan Allah SWT, Baik Dilakukan Setiap Hari

4 Amalan Pengangkat Derajat Manusia di Hadapan Allah SWT, Baik Dibaca Setiap Hari--

RADARUTARA.ID- Pada dasarnya manusia di mata Allah SWT memiliki derajat yang sama Tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih rendah kecuali yang membedakannya adalah ketakwaan.

Sesungguhnya Allah SWT akan meninggikan derajat seseorang sesuai dengan kehendaknya, namun ada beberapa amalan yang dapat meninggikan derajat manusia di sisi Allah SWT seperti yang tertuang di dalam surah al-an'am ayat 132 yang mana Allah SWT berfirman yang berbunyi:

وَلِكُلٍّ دَرَجٰتٌ مِّمَّا عَمِلُوْاۗ وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: Masing-masing orang ada tingkatannya, (sesuai) dengan apa yang mereka kerjakan. Tuhanmu tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.

Menurut tafsiran menteri agama ayat tersebut menjelaskan bahwa setiap manusia akan mendapatkan derajat sesuai dengan amal perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia. 

Orang yang beriman, bertakwa dan mengerjakan amal saleh akan mendapat derajat dan tingkatnya sesuai dengan tebalnya iman. Kuatnya takwa dan banyaknya amal saleh yang dikerjakan seperti derajat para nabi, shiddiqin (orang-orang yang benar keyakinannya dalam hidup mereka), syuhada (para kesatria dan pahlawan) dan sholihin (orang-orang yang saleh).

Di dalam Alquran surah alhujurat ayat 13 Allah SWT juga berfirman yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya: "Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti."

Dalam sebuah buku yang berjudul sayangi ibumu yang ditulis oleh Ahwa Wahid menjelaskan bahwasanya Allah SWT akan menaikkan derajat seseorang hamba sesuai dengan apa yang ia kerjakan.

Namun dalam mengerjakan amalan-amalan tersebut kita harus meniatkan segalanya atas dasar karena Allah SWT bukan karena hal lainnya. Sebab perbuatan yang mengatas dasarkan tindakan ibadah kepada hal lain akan berujung pada penyakit hati yang disebut dengan riya

Riya merupakan salah satu penyakit hati yang sangat berbahaya bagi keimanan seseorang, karena  ia hanya ingin merasa dipuji oleh manusia dibandingkan ketakwaannya kepada Allah SWT. Di dalam buku yang berjudul dahsyatnya ikhlas yang ditulis oleh Mahmud Ahmad Mustafa terdapat sebuah hadis Rasulullah SAW yang bersabda:

"Allah SWT berfirman, 'Aku adalah yang paling tidak butuh kepada sekutu, maka barangsiapa yang beramal suatu amalan untuk-Ku lantas ia menyekutukan amalannya tersebut (juga) kepada selain-Ku, maka Aku tinggalkan dia dengan kesyirikannya'." (HR Muslim)

Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk menaikkan derajat taqwa seseorang hamba kepada Tuhannya diantaranya:

1. Salat Berjamaah di Masjid

Salat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap lima waktu dalam sehari semalam, mengerjakannya merupakan bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT yang pada akhirnya akan merujuk kepada keimanan serta derajat yang tinggi di mata Allah SWT. Apalagi ketika mengerjakan salat tersebut secara berjamaah di masjid tentunya derajatnya jauh lebih tinggi dibandingkan melaksanakan ibadah salat sendiri di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: