Gak Perlu Pake Engkol Lagi, Begini Cara Pasang Electric Starter di Yamaha RX-King

Gak Perlu Pake Engkol Lagi, Begini Cara Pasang Electric Starter di Yamaha RX-King

Gak Perlu Pake Engkol Lagi, Begini Cara Pasang Electric Starter di Yamaha RX-King--

RADARUTARA.ID- Salah satu motor yang selalu menjadi buruan para pecinta motor 2 tak adalah RX King. Motor legendaris ini memang tak pernah lekang termakan oleh Zaman.

Akan tetapi meskipun disebut motor tua, RX King juga bisa diubah menjadi motor Kekinian, yakni dengan memasangkan electric starter di Yamaha RX-King biar enggak pakai sulit untuk sekedar menghidupkan mesin motor lawas ini.

Ahmad, Seorang Mekanik handal yang ada di kota Bengkulu menyampaikan, jika RX King sudah menggunakan electric starter maka pemilik motor tidak perlu lagi menghidupkan mesin dengan cara mengengkol.

"Tinggal pencet starter bisa langsung hidup, jadi bak motor kekinian," ujarnya.

BACA JUGA:Ini Tips untuk Memodifikasi Honda Vario 125, Dijamin Buat Motormu Tampil Lebih Kece

Untuk membuatnya, Ahmad menyampaikan ada beberapa komponen yang diperlukan salah satunya adalah dengan memanfaatkan stater Honda Vario 110 keluaran lama.

"Harus lengkap satu set dengan gigi primer dan juga gigi pelontarnya," sampainya.

Langkah pemasangannya dijelaskan oleh Ahmad, harus menyiapkan terlebih dahulu dudukan dinamo serta gigi pelontarnya.

"Pada proses ini, harus dilakukan pengecoran alumunium pada bagian bak mesin sebelah kiri, lalu posisi dinamo Starter harus di bawah magnet," ungkapnya.

Tidak hanya sampai Disitu, dijelaskan pula oleh Ahmad gigi primer dan magnet RX king juga harus dikawinkan. Untuk pengaplikasiannya Magenta harus ditipiskan terlebih dahulu supaya bisa menyatu dengan pelontar pada dinamo Stater.

"Harus ada jarak presisi antara gigi primer supaya bisa terkoneksi dengan gigi pelontar," ujarnya.

BACA JUGA:Ini 5 Motor Bekas yang Dijual Dibawah Rp4 Jutaan, Namun Peforma Tetap Prima

Dikatakannya, jika seluruh komponen sudah terpasang maka langkah selanjutnya adalah tinggal menghubungkan dinamo stater ke sumber daya yaitu aki.

Menurutnya akinya bisa menggunakan aki dengan spesifikasi 5 Ampere misalnya comot punya Satria F150. Sedangkan untuk mengaktifkannya, panel tombol starter dipasang pada stang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: