Wajib Lakukan Hal Ini Agar Motor Injeksi Anda Tetap Prima dan Awet

Wajib Lakukan Hal Ini Agar Motor Injeksi Anda Tetap Prima dan Awet

Wajib Lakukan Hal Ini Agar Motor Injeksi Anda Tetap Prima dan Awet--

RADARUTARA.ID- Motor dengan sistem bahan bakar injeksi mulai menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara. Sebab, dengan teknologi injeksi tersebut penggunaan bahan bakar motor lebih irit, efisien dan performanya juga lebih baik dibandingkan dengan motor karburator. 

Motor jenis ini memang telah dibekali dengan teknologi yang sangat mumpuni di bagian mesin pembakarannya. Maka tak heran banyak masyarakat yang memilih motor injeksi ketimbang motor dengan sistem pembakaran karburator. Hanya saja meski demikian, tak banyak orang yang bisa merawat motor injeksi. Sebab, banyak sensor-sensor di dalamnya yang sulit untuk di pahami cara kerjanya.

Lantas bagaimana agar motor injeksi tetap bisa terus berjalan lancar dan awet? 

BACA JUGA:Babinsa Beri Pelatihan Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani Kepada Warga Pagar Ruyung

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut ini ada beberapa tips perawatan motor injeksi agar tetap dalam kondisi prima:

1. Perhatikan Kondisi Aki

Keberadaan aki pada motor injeksi harus rutin dicek. Pasalnya, untuk menghidupkan mesin dan menjalankan sistem pembakar diperlukan daya aki yang cukup. Oleh karena itu, ketika aku motor sudah tidak bisa menghasilkan arus yang normal, maka segera ganti dengan yang baru.

2. Mengganti Oli Secara Teratur

Penggantian oli motor wajib dilakukan secara berkala. Untuk ukuran idealnya, oli motor injeksi harus selalu diganti dalam dua bulan sekali, atau ketika motor telah menempuh jarak 1.000 kilometer.

Selain oli mesin, jangan lupa juga untuk mengganti oli gear setiap 5.000 kilometer. Hal ini juga sangat penting untuk memaksimalkan kinerja gear motor injeksi Anda.

BACA JUGA:Idaman! 5 Zodiak Ini Cocok Dijadikan Istri, Punya Sifat Keibuan dan Penuh Kasih Sayang

3. Perawatan Busi

Adapun hal yang perlu di perhatikan selanjutnya yaitu kondisi busi motor. Sebab, busi adalah komponen yang memiliki peran penting untuk pemantik api dalam proses pembakaran mesin. Jika busi motor Anda rusak atau tidak menghasilkan api dengan baik. Maka secara otomatis proses pembakaran mesin menjadi tidak sempurna, bahkan hal buruknya bisa mengakibatkan mesin motor tidak bisa menyala atau mati. 

4. Servis Kendaraan Motor Secara Berkala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: