Sebelum Berangkat Kerja, Baca Doa Ini, Insya Allah Rezeki Lancar dan Perkerjaan Terasa Lebih Ringan

Sebelum Berangkat Kerja, Baca Doa Ini, Insya Allah Rezeki Lancar dan Perkerjaan Terasa Lebih Ringan

Sebelum Berangkat Kerja, Baca Doa Ini, Insya Allah Rezeki Lancar Dan Perkerjaan Terasa Lebih Ringan--

RADARUTARA.ID- Berdoa sejatinya dapat kita lakukan kapanpun terutama ketika selesai melaksanakan ibadah, selain itu Berdoa juga menjadi salah satu jembatan menuju jalan kemudahan baik itu ketika mau bekerja, mengharapkan rezeki, atau melapangkan urusan. Selain Berdoa dibutuhkan juga usaha dari seorang manusia agar setiap yang didoakan tersebut dapat tercapai. Doa menjadi sebuah pengharapan yang dimiliki hati dan diucap dengan lisan. 

Doa juga menjadi sesuatu yang penting supaya Allah SWT membantu dalam setiap perbuatan yang kita lakukan. Di dalam Alquran surah hud ayat ke-6 Allah SWT berfirman yang berbunyi:

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

Dengan mukjizat dan kekuatan doa kita mendapatkan pertolongan, selain itu Rasulullah SAW senantiasa mengajarkan kita untuk selalu berdoa dalam situasi dan keadaan apapun baik memperoleh musibah ataupun dalam keadaan senang. Sebab hanya dengan doalah seorang manusia dapat diberikan pertolongan oleh Allah SWT, sebab pada dasarnya bukan Allah yang membutuhkan manusia tetapi manusialah yang membutuhkan Allah.

Dalam Alquran surah an-naml ayat ke 62 Allah SWT berfirman yang berbunyi:

اَمَّنْ يُّجِيْبُ الْمُضْطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْۤءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاۤءَ الْاَرْضِۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗقَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَۗ

Am may yujībul-muḍṭarra iżā da'āhu wa yaksyifus-sū'a wa yaj'alukum khulafā'a fil-arḍ(i), a'ilāhum ma'allāh(i), qalīlam mā tażakkarūn(a).

Artinya: "Apakah (yang kamu sekutukan itu lebih baik ataukah) Zat yang mengabulkan (doa) orang yang berada dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, menghilangkan kesusahan, dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah ada tuhan (lain) bersama Allah? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat."

Dan itu terdapat dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang berbunyi: "Maka berdoalah pada tengah malam dan pada siang hari kalian, sebab hanya doa yang menjadi senjata ampuh orang beriman." (HR Abu Ya'la, dari Jabir bin Abdullah).

Kumpulan Doa Sebelum Bekerja

1. Doa Sebelum Bekerja

Imam al-Thabrani dalam kitab ad-Du'a menuliskan doa sebelum bekerja, berikut bacaannya:

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Arab-latin: Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rezeki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan."

Kemudian bisa dilanjutkan dengan bacaan doa berikut:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: