Sering Dianggap Sepele! Ternyata Ini Tanda-tanda V-Belt Motor Matik Mau Putus

Sering Dianggap Sepele! Ternyata Ini Tanda-tanda V-Belt Motor Matik Mau Putus

Sering Dianggap Sepele! Ternyata Ini Tanda-tanda V-Belt Motor Matik Mau Putus--

RADARUTARA.ID- Patut diketahui bagi pengguna motor matik. Begini gejala V-belt pada motor matik jika mau putus. Salah satu cirinya bisa dirasakan lewat peforma. Umumnya, saat V-belt mau putus tarikan mesin motor matik akan teras tidak seenteng seperti biasanya. 

"Kalau v-belt mau putus tarikan motornya terasa lebih berat," ungkap Yudi Sales Manager Aashta Auto Partindo, distributor Gates di Indonesia kepada GridOto.

Pasalnya v-belt yang sudah mau putus sudah tidak lagi kencang mencengkram pulley, dan bikin tarikan mesin terasa lebih berat.

"Hal itu disebabkan oleh kondisi v-belt yang mulai mulur," timpal Pardiman yang merupakan Kepala Mekanik Takutic, bengkel spesialis motor matik.

BACA JUGA:Harga Bekas Motor Bebek Legendaris Satria Hiu Tembus Rp50 Juta, Meski Harga Selangit Namun Tetap Jadi Buruan

Tarikan yang berat akibat v-belt yang mulur dan berpotense putuh juga akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM motor matic ketika digunakan.

"Jika v-belt melar, otomatis tarikan motor jadi lemot," ungkap Pardiman dikutip dari Gridoto. "Efeknya sudah tentu konsumsi bahan bakar jadi lebih boros dari normalnya," tambah pria yang bengkelnya berada di daerah Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Selain berat, v-belt mulur juga menimbulkan suara yang aneh dari area CVT.

"Kemudian sebelum putus, biasanya v-belt akan menimbulkan suara kasar," tutupnya.

Jika motor matik kalian punya gejala di atas sebaiknya segera periksa kondisi v-belt.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: