Bukan Berstatus Internasional Lagi, Bandara SMB II Palembang Turun Status Menjadi Domestik

Bukan Berstatus Internasional Lagi, Bandara SMB II Palembang Turun Status Menjadi Domestik

Bukan Berstatus Internasional Lagi, Bandara SMB II Palembang Turun Status Menjadi Domestik--

RADARUTARA.ID- Sudah 54 tahun menyandang sebagai bandara internasional, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang resmi ditetapkan sebagai bandara domestik.

Status perubahan Bandara SMB II Palembang, dari internasional menjadi domestik susuai Keputusan Kementrian Perhubungan yang ditetapkan pada 2 April 2024 lalu.

Iwan Inaya selaku Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, mengungkapkan, penetapan tersebut susuai pada kebijakan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KM 31 Tahun 2024 yang menjelaskan kalau Bandara SMB II Palembang tidak bisa lagi melayani penerbangan internasional kecuali penumpang haji dan umroh.

“Sesuai penetapan aturan berubah menjadi bandara domestik, kami menerima keputusan tersebut,” ujarnya, Jumat (26/4/2024) lalu.

BACA JUGA:Rawan longsor, BPBD Ingatkan Pengendara Hati-hati Melintasi Jalan Lebong-Curup

Bandara SMB II Palembang terkenal sebagai bandara internasional sejak 1 Januari 1970 dan sudah 54 tahun beroperasi melayani rute luar negeri.

Tetapi pada April 2024, status bandara resmi menjadi domestik karena alasan permintaan penerbangan internasional  menyesuaikan pada kebutuhan masyarakat.

“Balik lagi ke masyarakat, apakah bisa dan mau penerbangan ke luar negeri,” ucapnya.

BACA JUGA:Ada 5 Perbedaan Emas Putih dan Kuning, Ternyata Ini yang Lebih Baik

Walaupun status Bandara SMB II Palembang turun status, pengelola bandara memastikan kalau pelayanan dan fasilitas infrastruktur tidak akan mengalami perubahan. Tak hanya itu, Bandara SMB II berusaha menambah rute domestik ke seluruh Indonesia.

“Kemanapun domestik bisa. Tergantung pada maskapai, kami SMB II menyediakan fasilitasnya,” tururnya.

Iwan menyebutkan, meski Bandara SMB II Palembang telah ditetapkan sebagai bandara domestik, penerbangan luar negeri tujuan Arab Saudi untuk keberangkatan umroh dan haji masih tetap beroperaai.

“Masih bisa internasional, namun cuma untuk embarkasi haji dan umroh langsung ke Jeddah atau Mekkah,” paparnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: