Deretan 10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Indonesia Posisi ke Berapa?

Deretan 10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Indonesia Posisi ke Berapa?

Deretan 10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Indonesia Posisi ke Berapa?--

RADARUTARA.ID - Indonesia adalah negara yang mempunyai beaneka ragam kebudayaan, terutama ratusan bahasa daerah. Keberagaman bahasa inilah yanh kemudian disatukan oleh bahasa nasional bernama bahasa Indonesia. 

Bukan cuma Indonesia, beberapa negara di dunia juga mempunyai puluhan bahkan ratusan bahasa yang dipengaruhi oleh keanekaragaman budayanya, dan karena adanya multikulturalisme. Paling tidak ada 7.139 bahasa di seluruh dunia.

Asia adalab pemilik bahasa terbanyak yaitu sebesar 2.300 bahasa, lalu ada Afrika dengan 2.144 bahasa, kawasan Pasifik sebesar 1.313 bahasa, dan 387 bahasa dipakai di Eropa.

BACA JUGA:Jembatan di Bengkulu Utara Rusak Parah, Babinsa Gotong Royong Bersama Warga

Berikut ini deretan 10 negara dengan bahasa terbanyak di dunia.

1. Papua Nugini (840 bahasa)

Negara dengan bahasa terbanyak digunakan di dunia secara resmi yaitu Papua Nugini. Menurut data yang diperoleh Ethnologue pada tahun 2022, Papua Nugini mempunyai 840 bahasa daerah.

2. Indonesia (711 bahasa)

Total 711 bahasa, Indonesia menduduki l posisi kedua di dunia dengan jumlah bahasa paling banyak. Kondisi kepulauan Indonesia dan beraneka ragam budaya menjadi faktor utama yang membuat banyaknya bahasa di Indonesia.

3. Nigeria (527 bahasa)

Nigeria memounyai 527 bahasa daerah, namun bahasa resmi yang dipakai yaitu bahasa Inggris. Bukan hanya bahasai Inggris, Igbo metupakan bahasa lain yang terkenal dipakai di negara ini.

4. India (456 bahasa)

India paling tidak mempunyai 456 bahasa daerah. Sebagai salah satu negara dengan kepadatan penduduk tertinggi, India mempunyai beberapa bahasa nasional, diantaranya yaitu Assamese, Bengali, Bodo, dan Dogri.

5. Amerika Serikat (337 bahasa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: