Menggiurkan! Harga Kakao Tembus Rp100 Ribu per kilogram

Menggiurkan! Harga Kakao Tembus Rp100 Ribu per kilogram

Menggiurkan! Harga Kakao Tembus Rp100 Ribu per kilogram--

RADARUTARA.ID- Harga kakao dunia tengah mengalami lonjakan yang signifikan sepanjang tahun 2024. Lonjakan tersebut terjadi lantaran terbatasnya pasokan sejak awal 2024 lalu.

Made Saputra salah seorang petani Kakao di Kabupaten Empat Lawang mengatakan untuk harga jual komoditas kakao belakangi ini terus mengalami kenaikan. Terakhir, dirinya mengaku berhasil menjual kakao kering dengan pihak pengepul dengan harga Rp100 ribu per kilogram.

"Sebelumnya kakao di kisaran Rp80 ribu per kilogram. Sekarang sudah naik menjadi Rp100 ribu untuk kualitas kakao kering," jelasnya.

BACA JUGA:160 Casis Antusias Ikuti Bintara dan Tamtama Polri 2024, Hari ini Pemeriksaan Administrasi di Polres Bengkulu

Kualitas kering dimaksud adalah jenis kakao yang telah berhasil di keringkan melalui penjemuran pada panas matahari selama kurang lebih 3 sampai 5 hari sesuai dengan cuaca panas yang berlangsung.

"Kalau lagi musim panas. Dijemur 3 hari saja sudah kering dan bisa di jual Rp100 ribu per kilogram. Tapi kalau sedikit lembab atau kadar airnya masih ada, paling di kisaran harga Rp80 per kilogram saat ini," jelasnya.

Namun meskipun ada selisih harga pada harga kakao kering dan basah, jika di kalkulasikan selisih harganya juga tidak terlalu jauh dari hasil penjualan kering maupun basah.

'Kalau di hitung-hitung sama saja. Tergantung petaninya mau jual basah atau kering, sesuai kebutuhan saja," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: