Pemerataan Pembangunan, Pemdes Marga Sakti Realisasikan Peningkatan Infrastruktur Jalan Usaha Tani

Pemerataan Pembangunan, Pemdes Marga Sakti Realisasikan Peningkatan Infrastruktur Jalan Usaha Tani

Pemdes Marga Sakti Realisasikan Peningkatan Infratruktur Jalan Usaha Tani--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Pemerintah Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara ditahun 2024 ini akan merealisasikan pembangunan disetiap dusun.

Langkah kongkrit dari Pemdes Marga Sakti ini sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur jalan perekonomian masyarakat, diantaranya pembangunan jalan usaha tani.

Kepala Desa Marga Sakti, Sumaryono mengatakan, setelah new normal, Pemerintah Desa Marga Sakti ditahun 2024 ini baru bisa mewujudkan impian masyarakat yang selama ini diusulkan.

Kades Sumaryono mengaku, melalui Dana Desa Tahap I Tahun 2024, pihaknya bersama BPD sudah sepakat untuk membangun kegiatan fisik sebanyak delapan kegiatan. 

"Totalnya ada delapan item pekerjaan fisik ditahap I ini, dan semua dusun kebagian pembangunan,"ucap Sumaryono pada saat membuka kegiatan musyawarah Pra pelaksana kegiatan di balai desa Marga Sakti, Kamis (25/4/2024).

Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan nasional, pihaknya juga ditahap ini juga mengalokasikan anggaran khusus untuk penanaman jagung seluas 2 hektare.

"Semua usulan kita akomodir, namun bertahap. Untuk tahap awal ini ada pembangunan fisik, penanaman jagung serta untuk sosialnya tetap kami anggarkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),"ujar Pria yang juga menjabat Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Padang Jaya itu.

Disisi lain, Camat Padang Jaya, Soini SE menyampaikan, kegiatan Pra Pelaksana yang digelar oleh Desa Marga Sakti merupakan agenda penting pada tahapan realisasi Dana Desa.

Dengan begitu, Program yang telah diusulkan kemudian direncanakan dan dianggarkan bisa diketahui secara luas kepada masyarakat pada saat pelaksanaannya nanti dilapangan.

Kemudian katanya, yang paling penting harus dilakukan oleh Pemdes dan BPD adalah mengawasi pelaksanaan kegiatan, khususnya pembangunan fisik.

Camat mengaku, secara aturan memang harus dilibatkan masyarakat miskin dalam pekerjaan yang direalisasikan menggunakan Dana Desa. 

Namun perlu dipahami untuk pekerjaan tehnis perlu orang yang paham soal pekerjaan, sehingga kualitas bangunannya akan baik hasilnya.

"Pekerjaan harus melibatkan masyarakat sekitar, agar masyarakat menerima dampak dari pembangunan Dana Desa itu. Akan tetapi kualitas pembangunan juga perlu diperhatikan, dalam artian untuk bagian yang paham soal pekerjaan harus dikerjakan sama tukang,"Pesannya.

Pada acara tersebut, Selain Camat Padang Jaya, Hadir juga Kapolsek Padang Jaya, Wakil Danramil Lais, Ketua BPD, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat, Sekretaris Desa beserta perangkatnya dan Kepala Dusun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: