Tanpa Disadari, Ini 5 Penyebab Baterai Health iPhone Turun Drastis

Tanpa Disadari, Ini 5 Penyebab Baterai Health iPhone Turun Drastis

Tanpa Disadari, Ini 5 Penyebab Baterai Health iPhone Turun Drastis--

RADARUTARA.ID - Seluruh seri iPhone mempunyai fitur Battery Health. Battery Health pada iPhone akan memberi informasi dan pemantauan mengenai kesehatan baterai perangkat.

Fitur ini dibuat oleh Apple untuk memberikan transparansi kepada pengguna tentang kondisi baterai iPhone mereka. Tetapi, pada beberapa perangkat terjadi penurunan Battery Health yang drastis.

Hal ini tentu saja bisa terjadi bukan tanpa alasan. Ternyata ada banyak penyebab kenapa Battery Health iPhone turun drastis. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

BACA JUGA:Ini 3 Kader PDIP Bengkulu yang Diundang Konsolidasi Kepala Daerah

1. Penuaan Kimia

Perangkat iPhone memakai bahan kimia Lithium-ion sebagai baterainya. Apple Support menyampai dalam laman resminya kalau seiring dengan pemakaian, kualitas baterai ini akan mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan kapasitas baterai berkurang dan impedansi meningkat. 

Walaupun dirancang untuk mempertahankan 80% kapasitas sesudah 500 siklus pengisian, penuaan kimiawi tetap saja berpengaruh.

2. Suhu Ekstrem

Paparan suhu ekstrem, baik terlalu panas ataupun terlalu dingin, juga bisa mempercepat penurunan masa pakai baterai. Suhu panas akan meningkatkan impedansi, sementara suhu dingin juga bisa menyebabkan peningkatan impedansi.

Impedansi mempunyai efek yang membatasi arus, sehingga peningkatan ataupun penurunannya akan menimbulkan arus listrik yang tidak stabil. 

BACA JUGA:Mulai Terapkan, Begini Cara Menjaga Battery Health iPhone Agar Tetap Awet!

3. Koneksi yang Terus Aktif

Menjaga konektivitas mulai dari WiFi, Bluetooth, Data Seluler, dan Layanan Lokasi selalu aktif bisa menyebabkan penggunaan daya yang lebih tinggi dan mempercepat habisnya baterai.

4. Penggunaan Aplikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: