230 Siswa di Bengkulu Utara Ikuti Seleksi Paskibraka tahun 2024

230 Siswa di Bengkulu Utara Ikuti Seleksi Paskibraka tahun 2024

Calon peserta seleksi Paskibra tahun 2024 di Kabupaten Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Sebanyak 230 siswa SMA sederajat se-Kabupaten Bengkulu Utara mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024.

Kegiatan seleksi tersebut secara resmi di buka oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, di lapangan Kodim 0423 Bengkulu Utara, pada Senin (22/4/2024).

Bupati Bengkulu Utara, melalui Asisten 1 Pemkab Bengkulu Utara, Samsul Ma'arif dalam sambutannya mengatakan program Paskibraka ini telah  diatur didalam Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang program pasukan pengibar bendera pusaka (perpres nomor 51 tahun 2022). Dan ditindaklanjuti dengan Peraturan BPIP nomor 3 tahun 2022 tentang peraturan pelaksanaan dan Peraturan Presiden nomor 51 tahun 2022 tentang program pasukan pengibar bendera pusaka.

"Seleksi Paskibraka ini bukan semata-mata mencari petugas pengerek bendera. Tapi juga merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila," ujarnya.

BACA JUGA:Ternyata Ini yang Menjadi Alasan Kenapa Harga Emas Lagi Mahal Banget Sampai Rp1,3 Juta

Samsul Ma'arif juga meninta kepada seluruh calon anggota Paskibraka, menjadi generasi masa depan calon pemimpin bangsa yang berjiwa satria, ber-pancasila, disiplin dan bertanggung jawab kepada nusa dan bangsa Indonesia. 

"Oleh karena itu para peserta saya minta ikuti seleksi ini dengan sebaik mungkin. Karena tim seleksi ini akan banyak memberikan wawasan yang luas tentang kehidupan berbangsa ini," jelasnya.

Lebih dari itu, pihaknya juga berharap pelaksanaan seleksi pembentukan Paskibraka ditingkat Kabupaten tahun 2024 ini dapat berjalan dengan transparan, objektif, netral, bersih, dan bebas dari kolusi dan nepotisme.

"Dengan begitu, para calon anggota Paskibraka yang nantinya lolos memang benar-benar putra putri terbaik Bengkulu Utara," tegasnya.


Foto bersama dengan seluruh peserta seleksi Paskibra Bengkulu Utara--

Sementara itu, Ketua PPI Kabupaten Bengkulu Utara, Peltu Partono menyampaikan bahwa para peserta seleksi Paskibraka Bengkulu Utara ini sebelumnya telah mengikuti proses pendaftaran secara online yang berlangsung selama bulan Ramadhan 2024 lalu.

"Hari ini semua calon anggota Paskibraka kita undang untuk melaksanakan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan tahapan tes. Tahapan ini akan berlangsung hingga tanggal 25 April 2024 mendatang," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: