Kenapa Harga Emas Antam Lebih Mahal? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Harga Emas Antam Lebih Mahal? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Harga Emas Antam Lebih Mahal? Ternyata Ini Alasannya--

RADARUTARA.ID - Emas merupakan salah satu alat investasi yang paling disukai masyarakat lantaran kemudahannya di berbagai aspek. Seperti mudah untuk menyimpannya, membelinya, bahkan saat menjualnya. Hal ini yang membuat banyak orang jadi lebih berinvestasi ke emas.

Untuk membeli emas, kamu bisa membelinya di toko perhiasan maupun di PT Aneka Tambang atau yang kerap dikenal sebagai Antam.

Untuk membeli emas, kamu bisa membelinya di toko perhiasan maupun di PT Aneka Tambang atau yang kerap dikenal sebagai Antam.

PT Aneka Tambang Tbk merupakan anak perusahaan BUMN pertambangan Inalum. PT Antam didirikan pada tanggal 5 Juli 1968 silam.

BACA JUGA:Jalan Amblas akibat Hujan Deras, 68 KK Warga Dusun 1 Desa Rena Jaya Terisolir

Emas Antam lebih mahal disebabkan oleh banyaknya faktor yang memengaruhinya. Diantaranya seperti faktor biaya produksi yang dikenakan oleh Antam.

Biaya produksi tersebut terdiri dari pengolahan atau pemurnian emas, manufaktur, percetakan serta sertifikasi.

Di Indonesia sendri, penjualan emas batangan sekarang ini dikuasai oleh Antam dengan persentase mencapai 90% secara nasional. Sementara, pangsa pasar emas UBS cuma sekitar 10% saja.

Hal ini juga menjadi alasan yang kenapa harga emas Antam bisa lebih mahal ketimbang UBS. Bahkan, perbedaan emas Antam dan UBS dari sisi harga juga dipengaruhi oleh sertifikat yang dikantongi dari kedua perusahaan tersebut.

Sertifikat yang dikantongi oleh emas Antam yaitu LBMA, sehingga seluruh produk logam mulia yang dikeluarkan oleh Antam sudah terjamin keaslian dan kualitasnya secara internasional. Dengan demikian, emas Antam bisa diperdagangkan di dalam negeri dan luar negeri.

BACA JUGA:Sabar! Pembangunan Jalan Tol Bengkulu Akan Dilanjutkan di Tahun 2025

Lain halnya dengan emas UBS yang cuma mengantongi sertifikat dari PT UBS. Hasilnya, ruang lingkup perdagangannya cuma sebatas dalam negeri saja.

Sertifikat dan pangsa pasar merupakam kedua faktor yang menjadi alasan kenapa harga emas Antam lebih mahal dari UBS. Sedangkan dibandingkan dengan emas perhiasan yang Antam juga lebih mahal lantaran perhiasan yang digunakan konsumen nilainya cenderung turun.

Emas Antam dalam bentuk batangan bisa mempunyai kadar 24 karat dengan kadar emas 99,99 persen alias emas murni. Sedangkan emas perhiasan biasanya mwmpunyai kadar 22 karat atau kemurniannya cuma sekitar 91 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: