Hampir 24 Jam Matahari Bersinar Disini, Berikut 5 Negara Tanpa Malam Hari

Hampir 24 Jam Matahari Bersinar Disini, Berikut 5 Negara Tanpa Malam Hari

Hampir 24 Jam Matahari Bersinar Disini, Berikut 5 Negara Tanpa Malam Hari--

RADARUTARA.ID - Kebanyakan negara di dunia pasti mengalami siang dan malam atau matahari terbit dan terbenam. Tetapi, ternyata ada beberapa negara yang tidak pernah mengalami matahari tenggelam.

Walaupun terdengar aneh, midnight sun atau matahari di tengah malam memang benar-benar terjadi di beberapa negara. Midnight sun merupakan fenomena matahari yang terus bersinar meskipun waktu sudah menunjukkan tengah malam.

Fenomena alam yang unik ini terjadi setiap tahun, yaitu ketika musim panas. Saat bulan-bulan khusus ini, semua wilayah di sisi utara Lingkaran Arktik disinari matahari sampai 24 jam sehari.

Intensitas matahari tengah malam bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini yaitu kedekatan dengan kutub bumi serta adanya awan dan kabut.

BACA JUGA:Jadi Nasabah Prioritas BCA, Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipahami

Berikut ini beberapa negara tanpa malam akibat adanya fenomena midnight sun.

1. Swedia

Wilayah Lapland, yang menjadi bagian paling utara Swedia, matahari tengah malam tetap tampak selama hampir 60 hari dari 27 Mei - 18 Juli.

Di periode ini, orang asli Lapland jadi kesulitan tidur lantaran matahari masih bersinar terang di luar walaupun jam sudah menunjukkan lewat tengah malam. Maka dari itu, setiap puncak musim panas, penjualan tirai penghalang sinar matahari jadi laris manis.

2. Finlandia

Seluruh wilayah Finlandia mengalami matahari tengah malam walaupun intensitas yang lebih tinggi terjadi di bagian utara Finlandia. Matahari tengah malam berlangsung lebih dari 70 hari di negara ini.

BACA JUGA:Badan Adhoc untuk Pilkada 2024, Mulai dari PPK, PPS hingga KPPS Direkrut Ulang

3. Greenland

Di Greenland tengah, matahari tidak terbenam dari bulan Mei sampai akhir Juli. Saat periode ini, sinar lembut dan hangat dari matahari di dataran rendah menjadikan pemandangan di sekitarnya terlihat seperti mimpi, mulai dari gunung es dan puncak bukit bermandikan warna merah muda, ungu, kuning dan merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: