Jangan Sembarangan, Ini 4 Efek Samping Minum Kolagen Terlalu Berlebihan

Jangan Sembarangan, Ini 4 Efek Samping Minum Kolagen Terlalu Berlebihan

Jangan Sembarangan, Ini 4 Efek Samping Minum Kolagen Terlalu Berlebihan--

RADARUTARA.IDKolagen adalah protein yang secara alami dihasilkan oleh tubuh demi menjaga elastisitas kulit dan kesehatan sendi. Protein ini bisa didapat di berbagai bagian tubuh, mulai dari tulang, otot, dan darah.

Seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh bisa menurun. Untuk mengatasinya, beberapa orang lebih memilih mengkonsumsi suplemen kolagen lantaran diketahui akan membantu meningkatkan jumlah kolagen. Selain dalam bentuk suplemen, ada pula produsen yang mengemasnya dalam bentuk minuman kolagen.

Sebenarnya, Minuman kolagen termasuk aman kalau dikonsumsi sesuai aturan pakai atau anjuran dokter. Walaupun begitu, beberapa orang bisa saja merasakan keluhan atau efek samping tertentu sesudah mengonsumsi minuman kolagen.

BACA JUGA:Perputaran Uang Judi Online di Indonesia Tembus Rp327 Triliun Pada Tahun 2023

Berikut ini beberapa efek samping dari minuman kolagen yang mungkin akan terjadi:

1. Gangguan tidur

Produsen minuman kolagen bisa saja menambahkan beberapa bahan lain, contohnya ekstrak tanaman herbal atau vitamin, seperti biotin. Penambahan bahan tersebut dilakukan demi memperkaya manfaat minuman kolagen.

Tetapi, kelebihan biotin di dalam tubuh malah bisa menyebabkan sulit tidur bahkan insomnia.

2. Gangguan pencernaan

Minuman kolagen bisa menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. Gejala yang muncul seperti kram perut, perut kembung, diare, hingga sulit BAB.

Diare bisa terjadi lantaran adanya kandungan biotin di dalam minuman kolagen. Umumnya, keluhan masalah pencernaan akibat minuman kolagen bisa segera mereda dengan sendirinya.

BACA JUGA:Modal HP, Begini Cara Cek Status Penerima PIP 2024 Secara Online

3. Reaksi alergi

Umumnya Beberapa minuman kolagen mengandung bahan pemicu alergi (alergen) misalnya ikan, kerang, atau telur. Jima dikonsumsi oleh beberapa orang, mungkin saja akan menimbulkan reaksi alergi, mulai dari batuk, gatal-gatal, atau sulit bernapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: