Amalkan! Ini Doa Hari Pertama Haid yang Bisa Menjadi Penolong dari Api Neraka

Amalkan! Ini Doa Hari Pertama Haid yang Bisa Menjadi Penolong dari Api Neraka

Amalkan! Ini Doa Hari Pertama Haid yang Bisa Menjadi Penolong dari Api Neraka--

RADARUTARA.ID - Umumnya, wanita mengalami nyeri pada haid hari pertama. Tetapi walaupun begitu, dianjurkan bagi para muslimah untuk membaca doa dan senantiasa berdzikir kepada Allah SWT.

Haid merupakan keluarnya darah dari qubul (vagina) wanita pada hari-hari tertentu. Para ulama mazhab sepakat kalau haid terjadi saat seorang wanita sudah berusia 9 tahun. Saat darah keluar sebelum usia tersebut, maka itu merupakan darah penyakit.

Haid merupakan hadats besar sehingga membuat wanita terhalang untuk mengerjakan ibadah sebelum suci. Ibadah yang dilarang saat haid diantaranya seperti melaksanakan sholat, berpuasa, membaca Al Quran, tawaf, berdiam diri di masjid, serta berhubungan suami istri. Bahkan, dilarang juga bagi suami menalak istrinya saat sedang masa haid.

BACA JUGA:Nemu Uang di Jalan Sebaiknya Diambil Atau Tidak? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Tercantum dalam sebuah hadits sebagaimana dijelaskan dalam kitab Munajatun Nisa oleh Ibnu Watiniyah, Rasulullah SAW pun bersabda: "Tidaklah seorang wanita yang haid itu, kecuali haidnya adalah kafarat (tebusan) untuk dosa-dosanya yang sudah berlalu, dan jika pada hari pertama haidnya membaca Alhamdulillaahi ala kulli hailin wa astaghfirullah (segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku memohon ampun kepada Allah dari segala dosa), niscaya Allah SWT menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudahnya melalui siratalmustakim yang aman dari siksa. Selain itu, Allah SWT mengangkat derajatnya seperti derajatnya 40 orang mati syahid jika dia senantiasa berdzikir kepada Allah SAW selama masa haidnya."

BACA JUGA:Coba 6 Kebiasaan Ini Saat Malam Hari, Tidur Bisa Menjadi Nyenyak dan Berkualitas

Berdasarkan riwayat di atas, salah satu amalan yang dianjurkan bagi wanita yang sedang haid yaitu berdzikir. Dzikir merupakan amalan yang utama di sisi Allah SWT. Bahkan lebih utama dibanding menginfakkan emas dan perak atau jihad di jalan Allah SWT. Dzikir merupakan media komunikasi antara hamba dengan Rabbnya.

Berikut doa dibaca ketika haid hari pertama agar bisa menjadi ponolong dari api neraka:

Alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: