Lupa Baca Doa Sebelum Makan, Ini yang Harus Diucapkan

Lupa Baca Doa Sebelum Makan, Ini yang Harus Diucapkan

Lupa Baca Doa Sebelum Makan, Ini yang Harus di Ucapkan--

RADARUTARA.ID - Doa ketika lupa membaca doa makan penting untuk dihafalkan. Karena, terkadang kita bisa saja lupa membaca doa sebelum makan lantaran berbagai alasan.

Sebagai umat muslim, membaca doa sebelum dan setelah makan merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki dan nikmat makanan yang telah diberikan kepada kita.

Membaca doa sebelum dan setelah makan juga menjadi cara untuk senantiasa mengingat Allah dalam segala keadaan, terutama ketika makan.

Tetapi, apakah ada doa khusus yang dapat dipanjatkan saat kita lupa membaca doa sebelum makan? Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah doa yang dapat dibaca saat lupa membaca doa makan.

BACA JUGA:Baca Doa Ini di Pagi Hari, Dijamin Rezeki Akan Melimpah dari Segala Penjuru

Doa ini dibaca saat seseorang sudah mulai makan atau bahkan sudab selesai makan namun lupa membaca doa. Berikut oni doa ketika lupa baca doa makan:

Bismillahi fi awwalihi wa akhirihi.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya."

Tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Hibban bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Siapa yang lupa mengucap nama Allah sebelum makan, maka bacalah setelah ingat..., karena doa itu menyambut makanan yang baru dan mencegah keburukan yang menimpa makanan yang masuk."

Sesudah selesai makan, dianjurkan pula untuk membaca doa sesudah makan.

Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqaanaa wa ja'alanaa minal muslimiin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: