Minat Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2? Jangan Lupa Siapkan 5 Berkas Ini

Minat Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2? Jangan Lupa Siapkan 5 Berkas Ini

Minat Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2? Jangan Lupa Siapkan 5 Berkas Ini--

RADARUTARA.ID- Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Lembaga Pendidikan (LPDP) 2024 tahap I sudah ditutup. Tapi, LPDP membuka kesempatan kedua lewat beasiswa LPDP tahap 2 yang akan dibuka sekitar bulan Juni 2024.

Kendati baru akan dibuka, peserta wajib mempersiapkan berkas dari sekarang supaya tidak ada yang terlewat. Dan masih ada waktu 3-4 bulan lagi, bagi peserta untuk mempersiapkan sertifikasi bahasa seperti IELTS supaya skor lebih maksimal. 

Dan perlu diketahui, bagi peserta yang akan mendaftar LPDP, ada berkas-berkas penting yang perlu dipersiapkan, sebagai berikut:

BACA JUGA:Seragam Sekolah Akan Diganti Usai Lebaran, Begini Kata Korwil Pendidikan

1. Esai

Salah satu syarat penting yang harus dilengkapi adalah esai. Esai yang dapat mendukung untuk lolos beasiswa LPDP harus powerful atau kuat. Isi dari esai harus bermakna, peserta dapat mencantumkan hal berikut dalam esai.

Perkenalan diri, pengalaman kerja, dan prestasi yang relevan. Komitmen kembali ke Indonesia Rencana kontribusi di Indonesia pasca studi Esai berisi 1500 - 2000 kata

2. Sertifikat IELTS

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, tentunya membutuhkan sertifikat tes bahasa yang relevan. Pada beasiswa LPDP, sertifikat bahasa yang dibutuhkan adalah IELTS. Skor IELTS harus memenuhi syarat universitas yang dituju untuk bisa lolos. Biasanya, rata-rata skor yang diminta adalah 6.5 - 7.0.

3. Surat rekomendasi

Surat rekomendasi bisa didapatkan dari tokoh masyarakat, akademisi/dosen, ataupun atasan kerja. Jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi yang menjelaskan kemampuan diri peserta dari berbagai sudut pandang. Surat rekomendasi dapat disampaikan dengan dua cara, yaitu surat rekomendasi online form dan surat rekomendasi offline form.

BACA JUGA:7 Amalan Pembuka Rezeki Berdasarkan Syariat Islam

4. LoA (Letter of Acceptance)

Meski sifatnya tidak wajib, melampirkan LoA dari universitas yang ada di daftar kampus LPDP tujuan dapat membantu peserta mendapatkan nilai plus. Selain itu, jika peserta melampirkan LoA, peserta dapat melewati satu tahap seleksi yaitu tes skolastik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: