Peternak Diminta Hati-hati Datangkan Hewan dari Mukomuko, Khususnya Sapi Bali, Ini Penyebabnya

Peternak Diminta Hati-hati Datangkan Hewan dari Mukomuko, Khususnya Sapi Bali, Ini Penyebabnya

Peternak Diminta Hati-hati Datangkan Hewan dari Mukomuko, Khususnya Sapi Bali, Ini Penyebabnya--

RADARUTARA.ID- Puskeswan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara mewanti-wanti seluruh peternak di wilayah kerjanya untuk tidak sembarangan atau berhati-hati dalam mendatangkan hewan ternak dari wilayah Kabupaten Mukomuko, khususnya hewan ternak jenis Sapi Bali.

Ini, terjadi seiring adanya temuan kasus virus Jembrana yang saat ini tengah menjangkit ternak di wilayah Kabupaten Mukomuko. Kewaspadaan patut ditingkatkan, mengingat penyebaran virus Jembrana kepada hewan sangat cepat dan mudah.

"Sehubungan di Mukomuko sudah ada ternak yang terjangkit virus Jembrana, maka kita himbau seluruh peternak terutama yang memelihara sapi Bali untuk selalu waspada," imbau Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt, kepada radarutara.id Kamis (18/4).

BACA JUGA:Dugaan Penggelapan Uang Hasil Kebun Desa, Warga Lubuk Mindai Lapor Polisi

Sementara waktu, lanjut Eri, para peternak maupun pedagang, diminta untuk berhati-hati dalam mendatangkan hewan ternak dari Mukomuko, khususnya Sapi Bali guna mengantisipasi agar penyakit Jembrana tidak masuk ke wilayah Putri Hijau dan sekitarnya.

"Kalau ada ternak yang sakit segera hubungi petugas terdekat. Secara umum ciri hewan yang terkena Jembrana terjadi pembengkakan di paha belakang, di bahu dan pangkal telinga," demikian Eri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: