4 Cara Menurut Islam Agar Dijauhkan dari Gangguan Sihir

4 Cara Menurut Islam Agar Dijauhkan dari Gangguan Sihir

4 Cara Menurut Islam Agar Dijauhkan dari Gangguan Sihir--

RADARUTARA.ID- Sihir adalah ilmu hitam yang tidak kasat mata. Keberadaan Sihir bisa mencelakai seseorang dengan bantuan setan atau jin. Umumnya, pelaku Sihir meminta bantuan kepada dukun atau paranormal. 

Sihir sendiri sudah ada sejak lama, bahkan ketika Nabi Muhammad SAW pernah menjadi sasaran sihir oleh orang Yahudi bernama Labid bin A'sam dengan motif hasud kepada sang Rasul. 

Terkait sihir tersemat dalam surah Al Baqarah ayat 102, Allah SWT berfirman:

وَٱتَّبَعُوا۟ مَا تَتْلُوا۟ ٱلشَّيَٰطِينُ عَلَىٰ مُلْكِ سُلَيْمَٰنَ ۖ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَٰنُ وَلَٰكِنَّ ٱلشَّيَٰطِينَ كَفَرُوا۟ يُعَلِّمُونَ ٱلنَّاسَ ٱلسِّحْرَ وَمَآ أُنزِلَ عَلَى ٱلْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَٰرُوتَ وَمَٰرُوتَ ۚ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّىٰ يَقُولَآ إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ ۖ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِۦ بَيْنَ ٱلْمَرْءِ وَزَوْجِهِۦ ۚ وَمَا هُم بِضَآرِّينَ بِهِۦ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۚ وَيَتَعَلَّمُونَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنفَعُهُمْ ۚ وَلَقَدْ عَلِمُوا۟ لَمَنِ ٱشْتَرَىٰهُ مَا لَهُۥ فِى ٱلْءَاخِرَةِ مِنْ خَلَٰقٍ ۚ وَلَبِئْسَ مَا شَرَوْا۟ بِهِۦٓ أَنفُسَهُمْ ۚ لَوْ كَانُوا۟ يَعْلَمُونَ

Artinya: "Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak, mengerjakan sihir), hanya setan-setan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui."

BACA JUGA:BPJS Akan Hapus Kelas Rawat Inap 1-3 di Tahun 2025, Iuran yang Dibayar Akan Jadi Segini

Dikutip dari buku Anda Bertanya Islam Menjawab, susunan Muhammad Mutawalli Sha'rawi, orang yang meyakini dan berlindung kepada Allah SWT akan terhindar dari bahaya sihir.

Sebaliknya, jika seseorang meminta bantuan kepada selain-Nya seperti dukun atau orang yang meminta ilmu sihir, maka Sang Khalik akan membiarkan mereka untuk mengatasi persoalannya sendiri.

Berikut ada sejumlah cara agar terhindar dari bahaya sihir menurut Islam.

Deretan Cara agar Terhindar dari Sihir Menurut Islam

BACA JUGA:Idu Idu Maninina, Kami Ingin Damai, Damai, Damai

1. Memperbanyak Baca Al-Qur'an

Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam, sementara sihir erat kaitannya dengan perbuatan setan. Karenanya, membaca Al-Qur'an dapat mengusir setan.

Al Baqarah menjadi surah yang dapat dibaca untuk melindungi diri sekaligus mengusir sihir. Diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahlili, Nabi SAW bersabda:

"Bacalah Al Quran! Karena sesungguhnya ia di hari kiamat akan memberi pertolongan bagi para pemiliknya. Bacalah dua surat yang bersinar yakni surat Al-Baqarah dan Ali Imran. Sebab, keduanya di hari Kiamat akan didatangkan sebagai bentuk dua mendung atau dua awan. Atau dua surat tadi kelak di jelmakan menjadi dua kelompok burung yang membentangkan sayap-sayapnya dan membela pemiliknya. Maka bacalah surat Al Baqarah, karena membacanya adalah keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya," (HR Ahmad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: