Apakah Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat secara Langsung?

Apakah Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat secara Langsung?

Apakah Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat secara Langsung?--

RADARUTARA.ID - Melihat gerhana matahari adalah momen yang langka dan tak terlupakan. Tetapi, sebaiknya kamu mengenakan pelindung mata ketika Melihat gerhana matahari demi mencegah kerusakan permanen pada retina.

Melihat langsung ke arah matahari, walaupun cuma beberapa detik, bisa menyebabkan kerusakan serius pada mata. Hal ini lantaran sinar ultraviolet (UV) dari matahari akan masuk ke mata dan diserap oleh retina, sehingga menimbulkan kerusakan oksidatif atau disebut juga sebagai retinopati surya.

Hal ini berlaku juga ketika seseorang menatap langsung ke arah matahari tanpa memakai pelindung mata ketika gerhana matahari terjadi. Perubahan penglihatan mungkin tidak akan langung terasa. Tetapi setelah 12 jam, gejala retinopati surya mungkin muncul pada salah satu mata atau mungkin keduanya.

Saat terjadi Gerhana Matahari Total, Bulan akan melemparkan bayangan umbra ke permukaan Bumi sehingga bayangan tersebut akan menutupi sepertiga dari semua planet selama beberapa jam.

BACA JUGA:Cara Titip Kendaraan yang Ditinggal Mudik ke Polres Bengkulu Utara

Gerhana Matahari Total tidak boleh dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Karena meskipun cuma beberapa detik bisa mengakibatkan kerusakan permanen retina mata akibat radiasi tinggi yang dipancarkan dari fotosfer Matahari.

Kerusakan yang terjadi itu bisa mengakibatkan kebutaan. Untuk melihat Gerhana Matahari memerlukan pelindung mata khusus. Selain itu juga bisa dengan memakai metode melihat gerhana secara tidak langsung.

Usahakan untuk tidak terlalu fokus menatap matahari. Alihkan pandangan kamu selama beberapa saat sebelum menatap matahari lagi. Ketika gerhana matahari mencapai puncaknya, yakni tertutup total dan langit menjadi gelap, kacamata bisa dilepas, sehingga kamu bisa menyaksikan langsung keindahannya tanpa memakai pelindung.

Tetapi, gerhana matahari total cuma terjadi 2–3 menit saja. Sehingga, sesudab matahari tersibak dan langit kembali cerah, pelindung wajib kembali digunakan supaya cahaya matahari tidak merusak retina.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: