Menteri Nadiem: Pramuka Bukan Dihapus dari Ekstrakurikuler Sekolah

Menteri Nadiem: Pramuka Bukan Dihapus dari Ekstrakurikuler Sekolah

Menteri Nadiem: Pramuka Bukan Dihapus dari Ekstrakurikuler Sekolah--

RADARUTARA.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim, memastikan bahwa Pramuka tidak dihapus dari ekstrakurikuler (Eskul) wajib di sekolah. Diungkapkan Nadiem, bahwa Pramuka sebagai Eskul yang wajib diselenggarakan oleh sekolah. Hal, itu Nadiem, sampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta pada Rabu 3 April 2024.

"Tapi secara prinsip menurut saya satu, mohon sudah tidak lagi dibahas bahwa Pramuka itu dihapus atau dihilangkan dari sekolah. Karena peraturannya sudah sangat jelas bahwa itu menjadi ekskul yang wajib diselenggarakan oleh sekolah," ungkap Nadiem.

Selanjutnya, Nadiem menambahkan, dirinya ingin meningkatkan status Pramuka sehingga bukan sekedar menjadi Eskul. Katanya muatan Pramuka justru harus bisa masuk ke Kurikulum Merdeka.

"Jadi mungkin itu suatu hal yang bisa meningkatkan status nilai-nilai Pramuka yang tadinya hanya ekstrakurikuler bisa masuk ke dalam co-kurikuler. Apalagi menurut saya lebih menarik lagi kalau bisa dimasukkan ke dimasukkan ke dalam komponen P5, sehingga nilai-nilai kepramukaan itu bisa mendarah daging di anak-anak kita melalui program co-kurikuler," tuturnya.

Sementara itu, Nadiem mengenang dirinya ketika mengikuti kegiatan Pramuka saat SD dulu. Ia, menyebut jurit malam dan berkemah sebagai memori paling berkesan saat Pramuka di SD dulu.

"Saya anak Pramuka, saya SD Pramuka. Saya masih ingat sekali pengalaman saya melakukan berkemah dan jurit malam di SD. Jadi itu satu hal yang membuat saya menjadi memori yang paling positif di SD," demikian Nadiem. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: