Sering Dianggap Sama! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Sering Dianggap Sama! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Sering Dianggap Sama! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta--

RADARUTARA.ID- Sekilas, wirausaha dan wiraswasta terdengar sama atau mirip. Bahkan, beberapa orang mengira jika keduanya memiliki arti yang sama. Padahal, wirausaha dan wiraswasta memiliki definisi berbeda. 

Wirausaha sendiri adalah seseorang yang terampil dalam mengelola dan mengembangkan usaha, biasanya wirausaha menjalani beberapa jenis usaha atau bisnis. Sedangkan wiraswasta, merupakan karakter atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, mereka peka untuk menyadari peluang usaha. 

Dengan demikian secara fokus bidangnya, wirausaha mungkin saja menjalankan berbagai bidang bisnis, sementara wiraswasta lebih fokus ke satu bidang bisnis. Untuk lebih jelas, berikut ini adalah perbedaan wirausaha dan wiraswasta, dilansir dari gramedia com

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 10 Risiko Jika Minum Kopi Setiap Hari, Nomor 2 Paling Sering Ditemukan

1. Ruang lingkup bisnis

Wirausaha selalu memperluas ruang lingkup bisnisnya. Sebisa mungkin wirausaha akan mencari cara bagaimana mendapat keuntungan yang lebih besar melalu pengembangan bisnisnya.

Misalnya seorang pebisnis yang mempunyai bisnis jasa foto, dia mengembangkan bisnisnya dengan membuat studio foto. Dengan begitu customernya bisa double payment untuk foto dan sewa studio.

Sementara seorang wiraswasta biasanya saat sudah menemukan satu peluang usaha, mereka akan fokus untuk menggeluti bisnis tersebut. Misalnya seorang wiraswasta di jasa foto akan lebih fokus untuk meningkatkan skill fotografinya dibandingkan membuka cabang bisnis baru.

BACA JUGA:Habis Minum Kopi Jangan Buru-buru Dicuci, Berikut Manfaat Ampas Kopi dan Cara Pengunaannya

2. Mengelola bisnis

Wirausaha menjalankan bisnisnya dengan full time. Artinya dia memang meluangkan seluruh waktu yang ia punya untuk mengurus bisnisnya. Selain itu, wiraswasta tidak memiliki keterlibatan lain di luar bisnis.

Sementara wiraswasta biasanya tidak menggunakan seluruh waktunya untuk berbisnis. Mungkin saja ia menjalankan bisnis tersebut sebagai sampingan karena ingin memanfaatkan peluang yang ada.

3. Pengembangan bisnis

Wirausaha dalam mengelola bisnis biasanya juga terus mencari inovasi baru dan berusaha untuk melakukan pembaharuan dengan teknologi. Persaingan dalam bisnis membuat wirausaha memunculkan terus produk terbaru yang membuatnya berbeda dengan pesaing bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: