Perdana di Napal Putih, Pemdes Air Tenang Salurkan BLT dan Realisasikan Pembangunan Fisik TA 2024

Perdana di Napal Putih, Pemdes Air Tenang Salurkan BLT dan Realisasikan Pembangunan Fisik TA 2024

Penyaluran BLT DD Desa Air Tenang oleh Kades didampingi Camat NP--

RADARUTARA.ID- Perdana di Kecamatan Napal Putih, Pemdes Air Tenang berhasil melaksanakan serapan anggaran dan merealisasikan seluruh program kegiatannya di pencairan dana desa (DD) tahap I TA 2024, lebih cepat dibanding 9 desa lainnya di Kecamatan Napal Putih.

Konkretnya, bertempat kantor desa pada Senin (1/4) hari, ini. Pemdes Air Tenang telah mengawali program kerjanya di TA 2024 dengan merealisasikan atau menyalurkan program bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) untuk jatah triwulan I (Januari, Februari dan Maret) kepada 6 keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran BLT-DD tersebut dipimpin langsung oleh Kades Air Tenang, Supriadi dan turut disaksikan langsung oleh Camat Napal Putih, Bambang Abdul Mutalib, lembaga BPD Air Tenang dan jajaran aparatur perangkat Desa Air Tenang.

"Alhamdulillah, hari ini program yang dinanti-nantikan oleh 6 KPM kita di TA 2024 telah kita salurkan langsung untuk jatah tiga bulan sekaligus," ungkap Kades Air Tenang, Supriadi.

Supriadi berharap, ke enam KPM BLT-DD di desanya tersebut dapat memanfaatkan atau menggunakan dana bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah desa selama 12 bulan di TA 2024, ini secara bijak.

"Tolong gunakan bantuan, ini untuk keperluan dasar sehari-hari seperti membeli Sembako, khususnya kepada enam KPM yang umumnya sudah menginjak usia lanjut (Lansia) ini. Mudah-mudahan BLT-DD yang telah direalisasikan oleh desa tersebut bisa meringankan beban para KPM yang terdampak ekonominya," pinta Kades.

Di sisi lain, ditambahkan Kades, pada pencairan DD tahap I TA 2024, ini pihaknya juga telah mengebut sejumlah pekerjaan fisik yang sebelumnya sudah terencana di dalam dokumen APBDes TA 2024. Dan hari, ini dari beberapa item bangunan fisik yang sudah dikerjakan ada yang hampir selesai, bahkan sudah ada yang selesai 100 persen.

"Tahap I, ini kita juga telah mengerjakan beberapa bangunan fisik seperti pembuatan MCK di fasilitas Masjid desa, pembuatan pagar PAUD hingga rehab atau peningkatan fasilitas Kantor Desa. Dan alhamdulillah, dari tiga item bangunan fisik itu beberapa diantaranya sudah ada yang tuntas 100 persen dan satu lagi kegiatan yakni peningkatan bangunan di lingkungan kantor desa yang sedang tahap finishing," pungkasnya.

"Kita harapkan dengan percepatan yang kita laksanakan di tahap I, ini. Nantinya kita bisa lebih cepat untuk menyerap angaran dan melaksanakan kegiatan yang sudah terjadwal di tahap II, mendatang," imbuhnya.

Selanjutnya, Camat Napal Putih, Bambang Abdul Mutalib, mengapresiasi kinerja yang telah dilaksanakan oleh jajaran Pemdes Air Tenang tersebut. Bambang berharap, upaya percepatan yang dilaksanakan oleh Pemdes Air Tenang, ini bisa disusul oleh desa-desa lainnya.

"Tentu kita apresiasi kinerja yang telah dilaksanakan oleh rekan-rekan kita di Desa Air Tenang ini. Mudah-mudahan desa lainnya segera menyusul, sehingga program kerja yang sudah terencana di APBDes TA 2024 bisa segera dieksekusi dan tidak terjadi keterlambatan serapan anggaran maupun kegiatan pembangunan, di tahap selanjutnya," demikian Camat. (Adv)


pembangunan MCK Masjid Desa Air Tenang--


rehab atau peningkatan fasilitas Kantor Desa Air Tenang--


rehab atau peningkatan fasilitas Kantor Desa Air Tenang--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: