Tak Disangka! Sosok Raja Nusantara Ini Tercatat Memiliki 151 Istri dan Selir

Tak Disangka! Sosok Raja Nusantara Ini Tercatat Memiliki 151 Istri dan Selir

Tak Disangka! Sosok Raja Nusantara Ini Tercatat Memiliki 151 Istri dan Selir--

RADARUTARA.ID- Siapa Sangka, sosok raja Nusantara ini memiliki 151 istri dan selir. Dia adalah Prabu Siliwangi, yang memiliki gelar Raden Pamanah Rasa. Raden Pamanah Rasa dibekali berbagai macam ilmu untuk mempersiapkan diri memerintah Kerajaan Galuh di masa depan. 

Dalam catatan sejarah, ini Prabu Siliwangi mempunyai banyak istri. Dalam Babad Pakuan atau Babad Pajajaran, disebutkan bahwa Prabu Siliwangi mempunyai 151 orang istri, tapi tidak disebutkan secara rinci mana yang menjadi istri atau selir. 

BACA JUGA:Mirip dengan Belut, Ternyata Ini Manfaat Ikan Sidat Memiliki Kandungan 45 Kali Lipat Dibandingkan Susu Sapi

Berikut inilah sosok raja Nusantara yang punya 151 istri dan selir:

Diketahui, bahwa Prabu Siliwangi merupakan julukan untuk Sri Baduga Maharaja, pemimpin kerajaan Pakuan Pajajaran pada tahun 1474-1513 yang kedudukannya ada di wilayah Priangan Barat atau sekitar Bogor. 

Dilansir dari buku Siliwangi, dari masa ke masa yang telah ditulis tim sejarah Kodam III Siliwangi pada 1978, keberadaan Prabu Siliwangi tidak terlepas dari Kerjaan Galuh yang ada di Kawali Ciamis. 

Dia juga memerintah Kerajaan Pajajaran antara 1482 dan 1521. Prabu Siliwangi sendiri juga disebut mempunyai 151 istri dan selir, termasuk Nyai Rambut Kasih, seorang wanita tangguh dan pemberani. 

BACA JUGA:Hati-hati! 7 Hal ini Menjadi Sebab Terhambatnya Rezeki Seseorang, Salah Satunya Terlalu Banyak Tidur

Dari sekian banyaknya istri, yang paling terkenal adalah Kentring Manik Mayang Sunda dan Nyai Subang Larang. Selain, itu juga ada nama Nya Ambetkasih atau Rambut Kasih yang tak lain adalah putri dari Ki Gede Ing Sindangkasih. 

Konon katanya, saat itu salah satu strategi untuk menundukkan kerjaan-kerjaan lain adalah dengan perkawinan. Sehingga tidak heran apabila, Prabu Siliwangi mempunyai banyak istri dari berbagai kerajaan. 

Berikut ini Beberapa Nama Istri dari Prabu Siliwangi adalah Nay Ambet Kasih, Nay Subang Larang, Nay Aci Putih, Nay Kentring Manik Mayang Sunda, Nay Janur Larang Bancana, Nay Bungasari, Nay Sriwati, Nay Lumur Kasih, Nay Haristacang, Nay Haristacu, Nay Hariskeling, Nay Harismaya, Dewi Samatra, Dewi Banding dan lain-lain.

Dari istri-istrinya tersebut, anak yang lahir akan dijadika sebagai pemimpin wilayah dimana istri berasal.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: