Hati-hati! 7 Hal ini Menjadi Sebab Terhambatnya Rezeki Seseorang, Salah Satunya Terlalu Banyak Tidur

Hati-hati! 7 Hal ini Menjadi Sebab Terhambatnya Rezeki Seseorang, Salah Satunya Terlalu Banyak Tidur

Hati-hati! 7 Hal ini Menjadi Sebab Terhambatnya Rezeki Seseorang, Salah Satunya Terlalu Banyak Tidur--

RADARUTARA.ID- Rezeki memang sudah diatur oleh Allah SWT. Sehingga tidak ada Rezeki yang diambil atau tertukar dengan orang lain. Ini, disebabkan Allah sudah menetapkan kadar Rezeki untuk setiap orang, bahkan saat manusia masih dalam kandungan. 

Rasulullah bersabda, ”Kemudian diutuslah Malaikat kepadanya (janin). Malaikat itu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan untuk menuliskan empat kalimat (ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah baginya), yaitu: (1) rezeki, (2) ajal, (3) amal perbuatan dan (4) (apakah nantinya dia termasuk) orang yang celaka (masuk neraka) atau orang yang berbahagia (masuk surga).” (HR Muslim no. 6893).

Ini, tinggal bagaimana upaya kita untuk mendapatkan rezeki yang sudah diatur oleh Allah SWT dengan cara yang sesuai dengan syariat Islam. Hal, tersebut menunjukkan bahwa agama Islam, tidak mengajarkan umat Islam untuk diam dan tidak bekerja karena semua sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. 

BACA JUGA:5 Amalan yang Bisa Dikerjakan Wanita Haid saat Malam Lailatul Qadar, Raih Keberkahannya!

Apabila sudah ditentukan, maka apa yang menghalangi kita untuk mendapat rezeki? Nah, berikut ini faktor-faktor penghambat datangnya rezeki seseorang yang berhasil dilansir dari Sinergi Foundation pada Selasa 26 Maret 2024. 

1. Tidak menjaga lisan sehingga mencela ciptaan Allah

Hal-hal yang tidak boleh kita cela adalah waktu, angin, hujan, atau fenomena alam lainnya. Mencaci fenomena tersebut sama dengan mencibir pembuatnya. Seorang sahabat mengatakan kepada Rasulullah SAW tentang rezeki yang seret. Rasul berkata, "Barangkali engkau pernah mencela angin." 

2. Kikir

Ibnu Abbas RA pernah mengatakan bahwa menolak memberi ragi menyebabkan kefakiran dan pelit berbagi air hanya akan menyebabkan penyesalan. Ini juga disebutkan dalam hadis Rasul bahwa ada lima hal yang harus dibagi yakni air, garam, api, jarum, dan ragi. Jika tidak dibagi, mereka akan terhalang dari kebaikan di akhirat. 

BACA JUGA:Ternyata! Ikan yang ditemukan di Air Ketahun Merupakan Sidat Jenis Raksasa

3. Terlalu banyak tidur

Selain tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengganggu metabolisme dan masalah kesehatan lainnya, tidur di waktu pagi juga dapat menghambat rezeki. Karena pagi adalah waktu di mana banyak pintu rezeki dibuka dan orang-orang memulai aktivitasnya.

4. Berbuat zalim dan maksiat

Orang yang bertindak zalim dan sering melakukan kemaksiatan pasti akan menghentikan jalan rezeki, mengurangi keberkahan usia, menghilangkan sinar wajah, dan mengantarkan mereka ke siksa neraka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: