Ternyata! Ikan yang ditemukan di Air Ketahun Merupakan Sidat Jenis Raksasa

Ternyata! Ikan yang ditemukan di Air Ketahun Merupakan Sidat Jenis Raksasa

Penangkapan ikan sidat jenis raksasa di Lebong Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Ikan sidat yang baru-baru ini di temukan oleh salah seorang warga Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu mengegerkan dunia maya. Pasalnya ikan yang berhasil terkena pancing di Air Ketahun itu memiliki ukuran jumbo, dengan panjang sekitar 175 cm dengan berat hingga 36 kg.

Ikan sidat atau yang di kenal dengan masyarakat Bengkulu sebagai ikan Selan atau memiliki bahasa latin Anguilla Marmorat ini masuk dalam kategori Ikan sidat terbesar dari sebanyak 7 jenis Ikan sidat yang di temukan di Indonesia.

Ikan sidat jenis Anguilla Marmorata ini memiliki ciri-ciri badan yang transparan, berwarna cokelat kemerahan, dan memiliki bintik hitam pada ekor.

Selain itu ikan ini memiliki garis gelap pendek di badannya serta bentuk badan yang buntek. Kemudian, saat berenang, ikan berbentuk bulat panjang ini, juga  kurang lincah dalam bergerak.

BACA JUGA:Ikan Sidat Jumbo 36 Kg Berhasil Ditangkap Warga di Air Ketahun

Berdasarkan informasi berhasil dihimpun radarutara.id ikan jenis ini sebelumnya juga pernah ditemukan dengan ukuran yang lebih panjangnya yaitu mencapai 200 cm namun bobotnya hanya 27 kg.

Sidat ini juga sering disebut dengan Sidat Kembang. Dilihat secara sepintas, Ikan sidat jenis ini mirip dengan Belut. Sebab, memiliki tubuh bulat dan memanjang serta matanya kecil.

Adapun yang membedakan antara Ikan Sidat dan belut yaitu, Ikan Sidat memiliki sirip didekat kepalanya, sehingga mirip seperti telinga. Sementara, belut tidak memiliki.

Selain itu, belut biasa hidup di daerah berlumpur, sedangkan Sidat paling suka dengan habitat  air yang jernih dan mengandung banyak oksigen yang terlarut.

BACA JUGA:Siap-siap! Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari Sejak 8 April 2024, Ini Penjelasan Astronom

Ikan Sidat merupakan ikan yang unik. Sebab ikan Sidat mampu hidup di tiga jenis air, yaitu di dalam air laut, air payau dan air tawar.

Ikan Sidat merupakan ikan yang mempunyai gizi yang sangat tinggi dan sangat diminati masyarakat, salah satunya di Jepang. 

Ikan Sidat memiliki tekstur daging lembut, tidak alot, tidak terpisah kulit dan dagingnya saat dimasak, dan daging tidak berbau tanah/algae.

BACA JUGA:Jangan Khawatir, Stok BBM Naik Hingga 20 Persen Jelang Mudik Lebaran Tahun 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: