Meski Sedang Berhalangan, Wanita Haid Tetap Bisa Amalkan ini di Bulan Ramadhan

Meski Sedang Berhalangan, Wanita Haid Tetap Bisa Amalkan ini di Bulan Ramadhan

Meski Sedang Berhalangan, Wanita Haid Tetap Bisa Amalkan ini di Bulan Ramadhan--

RADARUTARA.ID - Di bulan suci Ramadan, tentunya kita berusaha memperoleh keberkahan dan pahala dengan cara berpuasa, tarawih, dan membaca Al-Quran sampai khatam. Tetapi bagi wanita yang tengah menstruasi tidak diperbolehkan untuk melakukan itu. Namun, masih bisa mengerjakan amalan lainnya di bulan penuh berkah ini.

Dalam agama Islam, haid atau menstruasi adalah masa di mana seorang wanita tengah dalam keadaan tidak suci atau kotor. Amalan ketika haid di bulan Ramadan tentunya wajib sesuai sunnah dan anjuran yang telah ditetapkan Allah SWT.

Berikut ini amalan yang bisa dilakukan oleh wanita haid di bulan Ramadan.

1. Berdzikir

Dzikir adalah amal ibadah yang dianjurkan bagi siapapun dan kapan pun. Jenis-jenis dzikir juga ada banyak, wanita yang sedang haid bisa mengucapkan banyak kalimat thayyibah diantaranya seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya. Selama dalam keadaan haid, wanita diperkenankan berdzikir dan tetap menyebut Asma Allah SWT.

BACA JUGA:Lupa Mandi Junub sampai Lewat Waktu Subuh, Apakah Puasa Tetap Sah? Begini Kata Buya Yahya

2. Mendengarkan lantunan Alquran

Dari hadis riwayat Ibnu Majah, Aisyah Ra menyebutkan, "Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku ketima aku sedang menstruasi, dan ia membaca Alquran".

Jadi, walaupun tidak bisa membaca Alquran lantaran kondisi sedang dalam keadaan hadas besar, wanita dapat menggantinya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran. Jika tetap mendengar lantunan ayat suci, hati wanita saat haid akan selalu dekat dengan Allah.

3. Memperbanyak Sholawat

Amalan lain yang dapat dikerjakan wanita yang sedang haid saat Ramadan yaitu memperbanyak sholawat. Allah SWT berfirman didalam surah AL Ahzab ayat 56,

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

BACA JUGA:Mangkraknya Gedung Prototype PKM Sebelat Masih Jadi PR Pemerintah

4. Bersedekah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: