BLT-DD hingga Dua Program Bantuan dari Pemerintah Diterima oleh Masyarakat Desa Pagardin

BLT-DD hingga Dua Program Bantuan dari Pemerintah Diterima oleh Masyarakat Desa Pagardin

Masyarakat Desa Pagardin terima bantuan KWH gratis dari PLN--

RADARUTARA.ID- Upaya percepatan dalam rangka serapan anggaran dan pelaksanaan kegiatan bersumber dari dana desa (DD) TA 2024 telah direalisasikan oleh Pemdes Pagardin, Kecamatan Ulok Kupai, Kabupaten Bengkulu Utara.

Adapun, alokasi DD pada tahap I TA 2024 yang saat ini sudah direalisasikan oleh Pemdes Pagardin diantaranya adalah penyaluran program BLT-DD untuk 18 keluarga penerima manfaat (KPM) dari bulan Januari-Maret 2024 dan pembangunan fisik berupa satu unit gedung.

"BLT-DD untuk jatah tiga bulan sekaligus yakni Januari-Maret 2024 sudah kita salurkan langsung ke 18 KPM. Di sisi lain, pada tahap I ini kita juga sedang konsen membangun satu unit gedung bersumber dari DD," ungkap Kades Pagardin, Eko Pastrio, SH, Selasa (26/3).

Selain berhasil melakukan percepatan terhadap realisasi DD, ditambahkan Kades, di awal TA 2024 ini. Pihaknya juga telah berhasil mendapatkan sejumlah program bantuan dari pemerintah berupa bibit buah-buahan yang difokuskan untuk penghijauan. 

"Ada bibit buah-buahan berupa alpukat, durian, nangka dan ketapang kencana. Bibit-bibit tersebut kita fokuskan untuk penghijauan di areal DAS, lapangan bola dan sebagian kita tanam di pemukiman rumah warga. Mudah-mudahan upaya penghijauan yang tengah kita usahakan ini membuahkan hasil untuk kelestarian lingkungan desa dan buah-buahan yang dihasilkan nantinya dapat memberi manfaat untuk masyarakat," pintanya.

Selanjutnya, masih Kades, belum lama, ini sejumlah program bantuan dari PLN juga berhasil dinikmati oleh masyarakatnya. Melalui program bantuan berupa "Penyalaan Serentak" oleh PLN, itu salah satu warganya berhasil mendapatkan bantuan jaringan listrik berupa KWH gratis yang difasilitasi langsung oleh PLN. 

"Dari program, ini salah satu warga kita yang tidak mampu alhamdulillah mendapatkan bantuan berupa KWH gratis. Dan program, ini masih kami usahakan atau usulkan kembali melalui Pemprov untuk 45 rumah warga lainnya. Mudah-mudahan di akhir tahun nanti ikhtiar, ini bisa terealisasi sesuai dengan yang kita harapkan," demikian Kades.(Adv)


18 KPM Desa Pagardin Terima BLT-DD TA 2024--


Pembangunan fisik gedung di Desa Pagardin--


Penghijauan bibit buah-buahan di Desa Pagardin--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: