Penyebab Pecandu Kopi Mengalami Pusing Saat Telat Minum Kopi

Penyebab Pecandu Kopi Mengalami Pusing Saat Telat Minum Kopi

Penyebab Pecandu Kopi Mengalami Pusing Saat Telat Minum Kopi--

RADARUTARA.ID - Sebagian besar para pecandu minuman kopi mengaku mengalami sakit kepala jika tidak mengkonsumsi kopi dalam setiap harinya.

Kondisi itu sering kali menjadi tantangan yang paling berat bagi para pecandu kopi saat menjalankan ibadah pusa. Sebab, waktu untuk mengkonsumsi kopi hanya bisa dilakukan saat usai buka puasa hingga sebelum sahur saja. Lantas mengapa hal itu bisa terjadi? 

Seorang ahli gizi, Tjokorda Gde Dalem Pemayun dalam sebuah penelitian ilmiahnya dapat disimpulkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan pada tubuh manusia.

Saat kafein masuk ke dalam tubuh, ia dapat meningkatkan denyut jantung, mempercepat metabolisme, dan meningkatkan kadar asam lambung. Namun, ketika seseorang tiba-tiba menghentikan konsumsi kopi saat berpuasa, tubuh dapat mengalami beberapa reaksi yang menarik.

"Gejala-gejala ini mungkin paling terasa sangat parah saat awal puasa. Sebab, tubuh yang sudah terbiasa dengan rutinitas konsumsi kafein, secara tiba-tiba berhenti," jelasnya.

BACA JUGA:Hindari Minum Kopi saat Sahur, Jika Tak Ingin Bahaya Buruk Ini Terjadi

Selain itu, penghentian konsumsi kopi ternyata juga dapat berdampak pada kondisi mental seseorang. Kafein dikenal sebagai stimulan yang dapat meningkatkan mood dan kewaspadaan. Oleh karena itu, ketika seseorang tiba-tiba menghentikan konsumsi kopi, mereka mungkin merasa lebih lemah atau lesu selama beberapa waktu.

"Ini merupakan efek ketergantungan kafein yang biasa di rasakan para pecandu kopi," imbuhnya.

Hanya saja meski demikian, penting untuk diingat bahwa efek penghentian konsumsi kopi saat berpuasa dapat bervariasi dari individu ke individu atau setiap orang perorangnya. Dimana beberapa orang mungkin merasa tidak terlalu terpengaruh, sementara yang lain mungkin mengalami gejala yang lebih mencolok.

BACA JUGA:Resep Strawberry Cookies Renyah untuk Sajian Kue Lebaran

Nah, untuk mengurangi efek samping buruk itu terjadi, salah satu langkah yang bisa Anda ambil yaitu mengurangi konsumsi kopi secara bertahap sebelum memulai ibadah puasa. 

"Jika mulai dikurangi konsumsi, maka saat puasa tubuh kita tidak terkejut ketika tidak minim kopi," jelasnya.

"Selain itu, penting juga untuk menjaga asupan cairan dan makanan yang seimbang saat puasa, sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga secara keseluruhan," tambahnya, memungkas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: