Gawat, Periode Januari-Maret 2024, RSUD Lagita Tangani 46 Pasien DBD

Gawat, Periode Januari-Maret 2024, RSUD Lagita Tangani 46 Pasien DBD

Jumlah kasus DBD yang ditangani RSUD Lagita ditahun 2024--

RADARUTARA.ID- Di musim penghujan saat, ini kasus demam berdarah dengue (DBD) di RSUD Lagita, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara mengalami peningkatan sejak periode Januari-Maret 2024. 

Direktur RSUD Lagita, dr Normala Tarigan, mengatakan, sejak periode Januari-Maret 2024, ini terdapat 46 pasien DBD yang menjalani rawat inap

"Jumlah ini meningkat dibanding dengan kasus di periode 2023, lalu," ungkapnya kepada radarutara.id Jumat (22/3).

BACA JUGA:Kasus DBD di Kota Bani Kian Mengkhawatirkan, Dinkes Bengkulu Utara Diminta Bersikap

Sementara, ini kata Normala, sedang tidak ada pasien DBD yang menjalani rawat inap di RS. Semua pasien DBD yang sempat menjalani rawat inap telah pulang dan sudah dalam kondisi sehat.

"Terakhir, kita tangani pasien DBD tanggal 19 Maret 2024, kemarin," katanya.

Di sisi lain, Normala, mengingatkan, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik di rumah, di kantor ataupun di lingkungan sekolah guna mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit DBD. 

"Mari kita lakukan 3M, yaitu menguras penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang berbagai barang yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk pembawa virus DBD," ajaknya.

Selebihnya, Normala berpesan, kala menemukan anggota keluarga yang mengalami gejala DBD seperti demam tinggi, nyeri kepala, mual dan ruam kulit disarankan agar segera membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang baik dan benar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: