Perhatian! Peserta SNBP Bisa Daftar UTBK-SNBT di Tanggal 26 Maret, Ini Alasannya

Perhatian! Peserta SNBP Bisa Daftar UTBK-SNBT di Tanggal 26 Maret, Ini Alasannya

Perhatian! Peserta SNBP Bisa Daftar UTBK-SNBT di Tanggal 26 Maret, Ini Alasannya--

RADARUTARA.ID- Dijelaskan oleh Wakil Ketua I Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof Rina Indiastuti, peserta yang ingin mendaftar SNPB baru bisa mendaftarkan dirinya untuk mengikuti UTBK-SNBT di tanggal 26 Maret 2024. 

Tujuannya, supaya menghindari masalah tidak daftar ulang dan mengikuti aturan terbaru SNBT 2024. 

"Bagi mereka yang sudah dinyatakan lolos atau lulus SNBP pada 26 Maret nanti mohon untuk mendaftar ulang. Karena kalau tidak mendaftar ulang maka kesempatan memasuki SNBT ataupun jalur mandiri itu menjadi tertutup. Jadi, pada kesempatan ini, kami ingatkan bagi yang beruntung lolos SNBP mohon mendaftar ulang," ungkap Rina dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di laman YouTube SNPMB BPPP, Kamis 21 Maret 2024.

BACA JUGA:5 Kota di Indonesia yang Biaya Hidupnya Terkenal Paling Murah, Cocok untuk Kantong Mahasiswa

Tapi tak usah khawatir kehabisan kuota UTBK-SNBT meskipun baru bisa diakses atau mendaftar lagi pada tanggal 26 Maret 20224. 

Bahkan, ketetapan sikap ini juga melindungi peserta untuk tidak membayar biaya pendaftaran UTBK-SNBT sebelum mengetahui hasil kelulusan SNBP. Rina, juga mengingatkan supaya peserta tidak mendaftar pada hari akhir yakni 5 April 2024 pukul 15.00 WIB.

"Jangan tanggal 5 nanti sistem akan sibuk dan membutuhkan waktu karena ada proses pembayaran. Apalagi kelewat mendaftar lalu minta dispensasi itu nggak boleh dan nggak bisa," tandas Rina.

BACA JUGA:Sekda Fitriansyah Mutasi 2 Camat, Lurah dan Pejabat OPD di Bengkulu Utara, Berikut Ini Daftar Lengkapnya

Pendaftaran SNBT ini kata Rina, masih sebatas pantauan. Dijelaskan Rina, daya tampung total keseluruhan terdapat tiga jalur seleksi nasional baik SNBT, SNBt dan jalur mandiri yakni 589.442 mahasiswa. 

Jumlah kuota jalur SNBP sebesar 20 persen  atau sekitar 166.460.mahasiswa. Sedangkan jalur SNBT memiliki kuota terbesar yakni 246.666 peserta. Terakhir, Jalu mandiri memiliki kuota yakni 176.316, tapi pelaksanannya diserahkan kepada perguruan tinggi. 

Diingatkan oleh Rina, untuk peserta SNBT yang akan mendaftar mulai hari ini Kamis, 21 Maret 2024 pukul 15.00 WIB agar berpikiran positif dan semangat karena peluang untuk masuk perguruan tinggi terbuka lebar. Langkah ini juga harus diikuti dengan persiapan yang baik dan mengikuti aturan SNBT yang telah ditetapkan panitia pusat.

"Jadi tentu saja pesertanya lebih banyak, kuota ataupun kursinya juga lebih banyak. Saya rasa mari semangat karena peluang masih terbuka lebar. Kalau ada apa-apa jangan panik dan bertanyalah kepada Humas SNBT," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: