Apakah Sikat Gigi di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Apakah Sikat Gigi di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Apakah Sikat Gigi di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Berikut Penjelasan Buya Yahya--

RADARUTARA.ID- Ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan tidak sedikit umat Muslim yang bingung dengan rumor di kalangan mereka. Contohnya terkait soal sikat gigi saat siang hari dapat membatalkan puasa

Dan masalah sikat gigi pada siang hari di bulan Ramadhan, ini sering menjadi perdebatan sampai sekarang. 

Lalu, apakah benar menyikat gigi di siang hari bisa batalkan puasa? Menjawab rumor tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif, atau akrab disapa Buya Yahya, menjelaskan bahwa yang bisa membatalkan puasa adalah memasukan sesuatu ke lubang mulut dan yang dimaksud memasukkan adalah menelannya. Karena, itu selagi tidak menelannya, maka tidak akan membatalkan puasa, baik itu sekedar berkumur saat mengambil wudhu. 

“Sikat gigi kembali ke fiqih praktisnya. Yang membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke lubang mulut. Yang dimaksudkan memasukkan sesuatu ke lubang mulut itu adalah menelannya. Menelan itu yang membatalkannya,” ujar Buya Yahya di YouTubenya pada Rabu, 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Selama Ramadhan, Aktor Hollywood Will Smith Dikabarkan Sudah Khatam Al-Qur'an 30 Juz, Cek Faktanya

Meskipun begitu tidak membatalkan puasa, Buya Yahya, tetap menganjurkan untuk menyikat gigi sebelum imsak sampai mencegah odol tertelan.

“Sikat gigi ada odolnya, kalau tertelan (puasa) batal karena itu. Karena odol ada bendanya, ada rasanya dimasukin ke mulut batal,” paparnya.

“Maka lebih baik kita waspada sikat gigi sebelum seruan imsak. Sikat gigi selesai jangan sampai sikat gigi di siang hari kalau sikat gigi di siang hari tidak membatalkan asalkan tidak tertelan akan tetapi harus waspada,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: